Pendaftaran Taruna/i TNI AU

Au.rekrutmentni.net -  Untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di Lingkungan TNI AU, Markas Besar TNI AU kembali membuka pendaftaran Taruna/i AU untuk seluruh putra – putri terbaik bangsa. Pendaftaran ini terbuka untuk siapa saja yang berminat untuk menjalani karir militer di Lembaga TNI AU dan berhasil memenuhi persyaratan yang diajukan oleh panitia pendaftaran.

Informasi lengkap seputar persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, tahapan proses seleksi, dan cara mengecek pengumuman hasil seleksi pendaftaran dapat Anda lihat di bawah ini: Untuk bisa mendaftar sebagai calon Taruna/i AU, Anda harus memenuhi seluruh persyaratan pendaftaran yang diminta oleh panitia seleksi. Persyaratan pendaftaran Taruna/i AU dapat digolongkan menjadi dua kelompok persyaratan yaitu:




Persyaratan Pendaftaran Taruna/i AU

Persyaratan Umum

Persyaratan umum yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut:
  • Merupakan Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun (tidak boleh lebih)
  • Tidak pernah terlibat pada tindakan kriminal yang menyebabkan hak untuk menjadi prajurit TNI menjadi hilang
  • Sehat jasmani dan rohani


Persyaratan Khusus

Persyaratan khusus yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut:
  • Tidak berstatus sebagai anggota TNI/Polri ataupun PNS
  • Telah lulus dari jurusan IPA Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat
  • Memiliki SKHUN yang disertai dengan daftar nilai kolektif
  • Khusus untuk yang berasal dari sekolah di luar negeri, harus mendapatkan pengesahan dari Kemeristek dan Dikti
  • Memiliki tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita dengan bobot badan ideal
  • Mendapatkan persetujuan dari orang tua atau wali
  • Bersedia mengikuti ikatan dinas selama 10 tahun
  • Bersedia ditugaskan di seluruh wilayah NKRI
  • Khusus untuk yang berstatus sebagai pegawai, wajib mendapatkan surat ijin dari pimpinan perusahaan dan bersedia untuk diberhentikan dari perusahaan tempat bekerja jika ternyata berhasil diterima sebagai Taruna/i AU
  • Bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi yang ditentukan
  • Tidak pernah terlibat dalam aktivitas penyalahgunaan narkoba
  • Tidak memiliki tindik ataupun bekas tindik
  • Tidak memiliki tato
  • Khusus untuk orang tua, diwajibkan untuk menandatangani surat pernyataan tidak akan melakukan upaya suap ke pihak manapun

Panduan dan Tata Cara Pendaftaran Taruna/i AU

Proses pendataran Taruna/i AU dilakukan dalam dua tahap, yaitu online dan offline (daftar ulang). Untuk melakukan pendaftaran online Anda harus menyiapkan satu akun email yang aktif dan didaftarkan atas nama pribadi Anda. Jika akun email yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran telah tersedia, untuk melakukan pendaftaran online, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini:

  1. Buka halaman situs web http://au.rekrutmentni.net/
  2. Di halaman tersebut, pada bagian TARUNA AAU, klik tombol “Daftar” yang ada di bagian bawah (tombol daftar hanya tersedia jika pendaftaran sedang dibuka)
  3. Isi semua form pendaftaran yang ada di halaman website tersebut
  4. Klik daftar

Sampai tahap ini, proses pendaftaran online sudah selesai. Selanjutnya Anda harus melakukan pendaftaran secara online. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu datang ke lokasi pendaftaran terdekat yang ada di wilayah tempat tinggal Anda (daftar dan alamat lokasi pendaftaran dapat diakses di halaman berikut: http://au.rekrutmentni.net/info/jadwal-lokasi-taruna

Sebelum, melakukan daftar ulang, Anda diwajibkan untuk mengunduh blanko administrasi pendaftaran terlebih dahulu (dapat diunduh di http://au.rekrutmentni.net). Isi blanko tersebut, lalu satukan dengan berbagai macam dokumen persyaratan lainnya yang juga wajib dibawa saat melakukan daftar ulang, seperti: KTP, akte kelahiran, SKCK, surat keterangan tidak buta warna, ijazah untuk seluruh jenjang pendidikan yang pernah dilalui, KTP orang tua, pas photo dll.

Terakhir ada satu hal lagi yang tidak kalah penting untuk diingat, yaitu mengenai pakaian saat daftar ulang. Saat daftar ulang nanti, Anda diwajibkan untuk menggunakan pakaian seragam berupa kemeja putih yang dipadukan dengan celana bahan warna hitam.


Tahapan Proses Seleksi Pendaftaran Taruna/i AU

Jika berkas pendaftaran Taruna/i AU yang Anda ajukan diterima, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengikuti tahapan proses seleksi. Secara keseluruhan, tahapan proses seleksi yang harus Anda lewati adalah sebagai berikut:

1. Tahapan Seleksi Tingkat Daerah

Pertama – tama Anda akan diseleksi di daerah. Di tahapan seleksi ini Anda akan “bertarung” melawan calon Taruna/i AU yang berasal dari daerah Anda sendiri. Beberapa materi seleksi yang nantinya akan diujikan pada Anda dan calon Taruna/i lainnya adalah sebagai berikut: seleksi administrasi (seleksi dilakukan berdasarkan kelengkapan berkas administrasi dan nilai yang tertera pada ijazah), pemeriksaan kesehatan pertama, seleksi kesamaptaan jasmani dan postur tubuh, uji penelitian personel, skrining pom, pemeriksaan psikologi (hanya dilakukan pada Panda tertentu saja), pemeriksaan kesehatan tahap dua, seleksi administrasi tahap II, dan sidang pemilihan tingkat daerah.

2. Tahapan Seleksi Tingkat Pusat

Jika Anda berhasil lolos pada seluruh tahapan seleksi di tingkat daerah, selanjutnya Anda akan diarahkan untuk mengikuti tahapan seleksi di tingkat pusat. Di tahapan ini, “lawan” Anda bukan lagi calon Taruna/i dari daerah Anda, melainkan calon Taruna/i dari seluruh wilayah Indonesia.

Di tahap seleksi tingkat pusat ini Anda akan diminta untuk mengikuti beberapa materi seleksi, yaitu: pemeriksaan psikologi, pemeriksaan kesehatan, uji kesamaptaan jasmani, tes akademik, penelitian personel, seleksi administrasi, skrining pom, TPA, dan sidang pemilihan tingkat pusat.


Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Pendaftaran Taruna/i AU

Proses seleksi pendaftaran Taruna/i AU dijalankan dengan sistem gugur. Di setiap tahapan seleksi, panitia akan mengumumkan hasil seleksi yang berisi calon peserta yang berhak melanjutkan ke tahap seleksi yang selanjutnya. Untuk melihat pengumuman tersebut, Anda hanya perlu login ke akun personal Anda melalui halaman situs webiste yang digunakan untuk aktivitas rekrutmen (website yang Anda gunakan untuk mendaftar secara online).

Khusus untuk hasil sidang pemilihan, pengumumannya biasanya akan dilakukan secara langsung begitu proses sidang telah selesai. Oleh sebab itu, di tahapan ini Anda tidak perlu mengecek hasil seleksi secara online.

Itulah sedikit informasi terkait pendaftaran Taruna/i AU yang dapat kami bagikan kepada Anda. Penting untuk diingat, panitia penyelenggara seleksi Taruna/i AU tidak memungut biaya sama sekali dalam setiap tahapan proses seleksi. Jika Anda dimintai biaya tertentu dengan iming – iming berupa “kemudahan” dalam proses seleksi, dapat dipastikan hal tersebut adalah penipuan dan Anda diwajibkan untuk melaporkannya ke pihak panitia pendaftaran. Akhir kata, selamat berjuang dan semoga sukses ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel