Pendaftaran Taruna/i AKMIL

Ad.rekrutmen-tni.mil.id -  Kabar gembira untuk Anda yang ingin berkarir di dunia militer angkatan darat. Di Tahun ini, pendaftaran Taruna/i AD kembali dibuka oleh Angkatan Darat TNI dalam rangka pemenuhan tenaga ahli dalam organisasi TNI.

Jika Anda tertarik untuk mencoba dan mendaftarkan diri Anda dalam program ini, Anda dapat melihat informasi lengkap seputar persyaratan dan proses pendaftarannya Untuk bisa mendaftar menjadi calon Taruna/i AD, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan umum berikut ini:



Persyaratan Umum Pendaftaran Taruna/i AD
  1. Merupakan warga negara Indonesia
  2. Memiliki tinggi badan minimal 157 cm untuk wanita dan 163 cm untuk pria dengan bobot badan yang seimbang / ideal
  3. Berusia setidaknya 17 tahun 9 bulan dan setinggi – tingginya 22 tahun saat pembukaan Dikma
  4. Telah lulus dari Sekolah Menengah Atas IPA dengan nilai UN rata – rata untuk pelajaran IPA sebesar 6,87 untuk lulusan tahun 2013 ke bawah, 6,25 untuk lulusan tahun 2014, 55.00 untuk lulusan tahun 2015, 50,00 untuk lulusan tahun 2016, dan 47,00 untuk lulusan tahun 2017
  5. Berkelakuan baik (harus dibuktikan dengan SKCK dari Polres setempat)
  6. Tidak bertato, tidak bertindik, tidak buta warna, dan tidak berkacamata ataupun menggunakan softlens
  7. Belum menikah dan bersida untuk tidak menikah selama masih dalam proses Dikma
  8. Bukan merupakan pegawai pemerintah ataupun prajurit TNI / anggota Polri
  9. Bersedia ditugaskan di seluruh wilayah NKRI
  10. Memiliki penampilan yang menarik (khusus untuk Taruni)


Cara Pendaftaran Taruna/i AD

Jika Anda merasa dapat memenuhi seluruh persyaratan umum di atas, dan tertarik untuk mendaftar sebagai calon Taruna/i AD, Anda dapat mendaftarkan diri Anda dengan mengikuti panduan pendaftaran berikut ini:

Penting untuk diketahui, proses pendaftaran Taruna/i AD dijalankan dalam dua tahap, yaitu secara online dan secara offline (daftar ulang). Oleh sebab itu, hal pertama yang harus Anda siapkan adalah alamat email yang aktif atas nama diri Anda sendiri (sebisa mungkin hindarilah penggunaan alamat email yang “ALAY”). Jika alamat email yang dibutuhkan untuk mendaftar sudah tersedia, Anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti panduan di bawah ini:
  1. Pertama – tama, Anda harus mengunjungi halaman situs website resmi penerimaan prajurit TNI terlebih dahulu, yaitu di http://rekrutmen-tni.mil.id
  2. Di halaman tersebut, Anda dapat memilih opsi menu “Taruna/Taruni AD” yang terdapat pada kelompok TNI AD
  3. Setelah halaman pengumuman terbuka, Anda akan melihat pengumuman beserta dengan form login peserta
  4. Di bagian form login yang ada di halaman tersebut, klik opsi “Daftar/Registrasi”
  5. Isi semua form yang ada pada halaman registrasi tersebut dengan data pribadi milik Anda.
  6. Pastikan seluruh data yang Anda masukkan ke dalam form tersebut sudah benar dan sesuai dengan data pribadi Anda
  7. Jika sudah selesai, Anda dapat mengklik tombol “Daftar” yang ada di bagian bawah
  8. Proses pendaftaran online pun sudah selesai

Setelah melakukan proses pendaftaran online, Anda dianjurkan untuk mencetak ataupun melakukan printout formulir pendaftaran yang ada di halaman pendaftaran sebelumnya. Printout tersebut nantinya akan digunakan sebagai bukti pendaftaran saat Anda hendak melakukan daftar ulang di Ajendam / Rem.

Untuk melakukan pendaftaran ulang, Anda hanya perlu mengunjungi Ajendam / Rem terdekat (lokasi Ajendam / Rem terdekat bisa dilihat di halaman situs web berikut: http://ad.rekrutmen-tni.mil.id/berita/lokasi-penerimaan/taruna-akmil).

Saat melakukan daftar ulang, Anda diwajibkan untuk membawa berbagai macam dokumen, seperti: KTP Pribadi milik Anda, KTP Orang Tua / Wali, Ijazah SD, SMP, SMA, Akta Kelahiran, SKCK, Sertifikat Pribadi (yang berkaitan dengan prestasi akademik / non akademik), printout bukti pendaftaran online, Surat keterangan tidak buta warna dari rumah sakit pemerintah, surat keterangan bebas narkoba, surat keterangan sehat, dan pas photo berwarna dan hitam putih ukuran 4 X 6 masing – masing sebanyak 20 lembar.


Proses Seleksi Pendaftaran Taruna/i AD

Secara keseluruhan, proses seleksi pendaftaran Taruna/i AD terdiri dari tiga tahapan seleksi, yaitu:

1. Pengecekan Awal

Tahapan seleksi pertama yang harus dilalui oleh setiap calon Taruna/i AD adalah pengecekan awal. Dalam tahap ini, setiap calon Taruna/i AD harus melalui beberapa tes, yaitu: Administrasi, kesehatan I, Jasmani (Postur), Parade, Psikologi.

Dalam setiap tahapan tes, akan ada peserta yang gugur alias tidak lolos. Jadi, peserta hanya bisa mengikuti tahap tes selanjutnya jika mereka berhasil lolos pada tahap tes awal.

2. Rik / Uji Panda

Jika calon Taruna/i AD berhasil melalui tahapan seleksi pendaftaran Taruna/i AD yang pertama, calon Taruna/i nantinya masih harus melalui tahapan seleksi yang kedua, yaitu seleksi Rik / Uji Panda. Tahapan seleksi ini terdiri dari: seleksi administrasi, seleksi kesehatan II, Rik / Uji Jasmani (terdiri dari Garjas A, B, renang dan postur), seleksi mental ideologi, dan seleksi sidang Panda.

3. Rik / Uji Pusat

Terakhir, setelah berhasil lolos proses seleksi Rik / Uji Panda, calon Taruna/i AD akan diarahkan untuk mengikuti tahapan seleksi yang ketiga, yaitu seleksi Rik / Uji Pusat. Tahapan seleksi ini terdiri atas: seleksi administrasi, seleksi kesehatan III, seleksi jasmani, seleksi mental ideologi, seleksi psikologi II (seleksi psikologi lapangan), seleksi akademik, dan seleksi sidang Panpus.


Pengumuman Hasil Pendaftaran Taruna/i AD

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, dalam setiap tahapan tes akan ada peserta yang dinyatakan gugur dan tidak dapat melanjutkan ke tahapan seleksi yang selanjutnya. Nah, oleh karena itu, maka proses pengumuman hasil seleksi pendaftaran Taruna/i AD akan dilakukan secara bertahap untuk setiap tahapan tes / seleksi.

Untuk melihat pengumuman hasil seleksi, para peserta seleksi dapat memanfaatkan halaman situs resmi yang digunakan untuk melakukan proses pendaftaran, yaitu di http://ad.rekrutmen-tni.mil.id/selamat-datang. Di halaman tersebut, Anda dapat memilih bagian Taruna Akmil. Selanjutnya, Anda di bagian menu login, Anda dapat memasukkan alamat email dan password yang Anda gunakan untuk melakukan proses pendaftaran. Hasil pengumuman seleksi nantinya akan diumumkan pada halaman tersebut.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai cara pendaftaran Taruna/i AD yang bisa kami bagikan kepada Anda.Penting untuk diingat, TNI AD tidak memungut biaya sama sekali dalam setiap tahapan proses seleksi. Jika dalam prakteknya nanti Anda diminta bayaran oleh oknum – oknum tertentu, Anda diwajibkan untuk melaporkannya ke pihak panitia. Semoga bermanfaat ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel