Pendaftaran Tamtama TNI AL

Al.rekrutmen-tni.mil.id - Untuk Anda yang ingin berkarir sebagai prajurit TNI Angkatan Laut. Tahun ini, TNI AL telah membuka program pendaftaran tamtama AL untuk pemuda terbaik bangsa. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, informasi lengkap terkait proses pendaftarannya adalah sebagai berikut:

Hal pertama yang harus Anda ketahui jika Anda ingin mendaftarkan diri Anda pada program seleksi pendaftaran Tamtama AL adalah mengetahui persyaratan pendaftaran yang berlaku. Persyaratannya adalah sebagai berikut:




Persyaratan Pendaftaran Tamtama AL
  • Merupakan warga negara Indonesia
  • Berusia sekurang – kurangnya 17 tahun 9 bulan, dan maksimal 22 tahun
  • Telah lulus dari jenjang pendidikan SMP Sederajat atau di atasnya
  • Memiliki tinggi badan minimal 163 cm dengan bobot badan yang proporsional
  • Tidak sedang menjalani proses hukum yang menyebabkan kehilangan hak untuk menjadi Prajurit berdasarkan putusan hakim pengadilan (harus dibuktikan dengan SKCK)
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak memiliki tato
  • Tidak memiliki tindik ataupun bekas tindik
  • Tidak buta warna
  • Tidak pernah terlibat dalam aktivitas penyalahgunaan narkoba
  • Tidak menggunakan kaca mata ataupun softlens
  • Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti Dikma dan dua tahun setelahnya
  • Bersedia menjalani ikatan dinas minimal selama 5 taun dan maksimal 10 tahun
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI

Penting untuk diingat, untuk bisa mendaftar menjadi calon prajurit Tamtama AL, Anda harus memenuhi seluruh persyaratan di atas dan dapat membuktikannya dengan menggunakan bukti dokumen dari beberapa lembaga terkait.


Panduan dan Tata Cara Pendaftaran Tamtama AL

Bila Anda merasa dapat memenuhi seluruh persyaratan di atas dan ingin mendaftarkan diri Anda pada program seleksi pendaftaran Tamtama AL ini, Anda dapat mendaftarkan diri Anda dengan mengikuti panduan dan tata cara pendaftaran yang kami jelaskan di tulisan ini. Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah proses pendaftaran seleksi Tamtama AL dilakukan dalam dua tahap, yaitu pendaftaran online dan pendaftaran offline alias daftar ulang.

Untuk melakukan daftar online, Anda harus menyediakan akun email yang masih aktif dan formal. Dalam hal ini sebisa mungkin hindarilah menggunakan alamat email yang kurang formal dan “alay”. Jika Anda sudah memiliki alamat email yang aktif, Anda dapat mendaftarkan diri Anda secara online dengan mengikuti langkah – langkah pendaftaran di bawah ini:
  • Akses alamat web http://al.rekrutmen-tni.mil.id/
  • Di halaman situs web tersebut, pada bagian sebelah kiri Anda akan melihat tiga opsi. Pilih bagian Tamtama AL
  • Setelah halaman khusus untuk pendaftaran Tamtama AL terbuka, lihat bagian sebelah kiri, yaitu pada tulisan “Klik di sini untuk mendaftar!”, lalu Klik tulisan tersebut
  • Isi semua form yang terdapat pada halaman tersebut
  • Setelah selesai, coba periksa kembali kelengkapan dan kebenaran data yang Anda isikan
  • Jika semuanya sudah benar, selanjutnya klik tombol “daftar
  • Anda nantinya akan menerima email konfirmasi. Untuk melihatnya silahkan buka email Anda, lalu ikuti seluruh panduan konfirmasi yang ada pada email tersebut

Sampai tahap ini proses pendaftaran telah selesai dilaksanakan. Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan daftar ulang di tempat pendaftaran terdekat yang ada di daerah tempat tinggal Anda (lokasi daftar ulang bisa dilihat di http://al.rekrutmen-tni.mil.id/tapk/halaman/berita/lokasi/al.html.

Saat melakukan daftar ulang, Anda diminta untuk membawa beberapa dokumen perlengkapan, yaitu: Akte kelahiran, ktp pribadi milik Anda, ktp milik orang tua Anda ataupun wali Anda, kartu keluarga yang masih aktif, ijazah untuk semua jenjang pendidikan yang pernah Anda lalui, pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar, pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar, dan dua lembar map warna merah. Saat hendak melakukan daftar ulang, setiap calon peserta seleksi diwajibkan untuk menggunakan setelan pakaian berupa kemeja warna putih dan celana kain warna hitam.


Proses Seleksi Pendaftaran Tamtama AL

Jika berkas pendaftaran Tamtama AL yang Anda masukkan diterima, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengikuti proses seleksi. Dalam prakteknya, ada dua tingkat seleksi yang harus Anda lalui, yaitu:

1. Seleksi Tingkat Daerah

Seleksi tingkat daerah ditujukan untuk menyaring calon peserta yang berasal dari daerah. Di tingkat ini ada enam materi seleksi yang akan dijalani oleh setiap calon peserta. Ke enam materi seleksi tersebut adalah: Pemeriksaan kesehatan (terdiri atas pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan / tes urin, pemeriksaan menggunakan mesin rontgen, dan pemeriksaan darah di lab), pemeriksaan psikologi, uji mental ideologi, uji kesamaptaan jasmani, seleksi administrasi, dan pantukhir daerah.

2. Seleksi Tingkat Pusat

Jika berhasil lolos pada seluruh tahapan seleksi di atas, selanjutnya Anda akan diminta untuk  menjalani proses seleksi pendaftaran tamtama AL di tingkat pusat. Di tingkat ini, materi seleksi yang akan dihadapi peserta seleksi ada empat, yaitu: pemeriksaan kesehatan umum dan kesehatan jiwa, uji kesamaptaan jasmani, seleksi administrasi dan sidang pantukhir tingkat pusat.


Cara Memeriksa Hasil Seleksi Tamtama AL

Di setiap tahapan seleksi, panitia seleksi biasanya akan mengumumkan hasilnya melalui halaman situs web resmi yang digunakan untuk mendaftar online pertama kali. Untuk melihat pengumuman hasil seleksi pendaftaran tamtama AL, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  1. Pertama – tama, buka halaman situ web http://al.rekrutmen-tni.mil.id/
  2. Pada bagian sebelah kiri, silahkan pilih opsi “Tamtama AL
  3. Masih di bagian sebelah kiri, masukkan data username dan password yang Anda miliki, lalu klik login
  4. Anda akan berada pada halaman personal milik Anda dan dapat mengakses pengumuman hasil seleksi yang diterbitkan oleh panitia seleksi pendaftaran Tamtama AL

Itulah sedikit informasi mengenai pendaftaran Tamtama AL yang dapat kami bagikan kepada Anda. Penting untuk diketahui, proses seleksi Tamtama AL cenderung lebih difokuskan pada kemampuan fisik. Oleh sebab itu, jika Anda ingin berhasil dan diterima menjadi prajurit Tamtama AL, Anda harus mempersiapkan kemampuan fisik Anda dengan sebaik – baiknya.

Dalam prakteknya nanti, seluruh proses seleksi pendaftaran Tamtama AL tidak dipunguti biaya apa pun sama sekali. Jika Anda dimintai biaya oleh pihak – pihak tertentu, maka dapat dipastikan hal tersebut adalah penipuan. Akhir kata, selamat berjuang dan semoga berhasil ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel