Pendaftaran Tamtama TNI AD

Ad.rekrutmen-tni.mil.id - Seleksi Pendaftaran Tamtama TNI AD Telah Dibuka! Kabar gembira untuk Anda yang bercita – cita menjadi prajurit TNI. Pada Tahun ini, TNI AD kembali membuka seleksi pendaftaran Tamtama AD untuk putra terbaik bangsa.

Untuk mengikuti program seleksi ini, Anda dapat mendaftarkan diri Anda secara online di halaman situs resmi milik TNI AD. Untuk mengetahui persyaratan pendaftaran, panduan pendaftaran, proses seleksi, dan cara mengecek pengumuman hasil seleksi pendaftaran Tamtama AD ini, Anda dapat membaca penjelasan lengkap yang telah kami siapkan berikut ini:



Persyaratan Pendaftaran Tamtama AD

Untuk bisa mengikuti proses pendaftaran Tamtama AD, Anda harus memenuhi persyaratan pendaftaran berikut ini:
  1. Berjenis kelamin laki – laki, dan bukan merupakan anggota atau mantan prajurit TNI / Polri / PNS TNI
  2. Memiliki tinggi setidak – tidaknya 163 cm dengan bobot badan yang seimbang / proporsional
  3. Berpendidikan SMP sederajat atau yang lebih tinggi (harus lulus dari sekolah yang sudah terakreditasi)
  4. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menjalani program Dikma sampai dengan 2 tahun setelah Dikma
  5. Bersedia menjalani ikatan dinas minimal 10 tahun
  6. Bersedia ditugaskan di seluruh wilayah NKRI
  7. Bersedia mengikuti seluruh tahapan proses seleksi yang ditentukan
  8. Tidak buta warna dan tidak berkaca mata / menggunakan softlens (harus dibuktikan dengan surat keterangan dari rumah sakit)
  9. Tidak pernah terlibat dalam aktivitas penyalahgunaan narkoba (harus dibuktikan dengan surat keterangan dari institusi terkait)
  10. Tidak sedang menjalani proses hukum (harus dibuktikan dengan SKCK dari kepolisian setempat)

Panduan Tata Cara Pendaftaran Tamtama AD

Proses pendaftaran Tamtama AD saat ini sudah dilakukan secara online. Untuk itu, jika Anda ingin mendaftar, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyediakan akun email yang aktif dan sesuai dengan nama Anda. Jika akun email yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas pendaftaran sudah tersedia, selanjutnya Anda dapat melakukan pendaftaran online dengan mengikuti panduan di bawah ini:
  • Pertama – tama, buka halaman situs web http://rekrutmen-tni.mil.id/
  • Di kelompok “TNI AD”, pilih kolom “Tamtama AD” (Perhatikan gelombang dan tanggal yang tertera di bagian samping)
  • Di bagian sebelah kanan, Anda akan melihat form untuk login peserta. Nah, di bagian bawah menu form tersebut, klik opsi “Daftar / Registrasi” yang berwarna biru
  • Isi seluruh data yang diminta pada halaman form pendaftaran tersebut
  • Jika sudah selesai, cek kembali untuk memastikan kebenaran data Anda
  • Terakhir, klik tombol “Daftar” yang ada di bagian bawah

Jika proses pendaftaran sudah selesai, Anda dapat mengecek inbox email Anda untuk melakukan konfirmasi pendaftaran. Selain itu, jangan lupa untuk turut mencetak bukti pendaftaran online Anda. Terakhir, untuk menyelesaikan proses pendaftaran, Anda harus melakukan daftar ulang dengan cara datang ke Ajendam / Rem terdekat (lokasinya bisa Anda lihat di http://ad.rekrutmen-tni.mil.id/berita/lokasi-penerimaan/tamtama-ad).

Penting untuk diingat, saat hendak melakukan daftar ulang di Ajendam / Rem, Anda harus membawa seluruh dokumen yang dibutuhkan, seperti: KTP, akte kelahiran, ijazah SD dan SMP (serta ijazah pendidikan lainnya jika ada), printout bukti pendaftaran online, SKCK, surat keterangan sehat, surat keterangan bebas narkoba, surat keterangan tidak buta warna, dll.


Materi Seleksi Pendaftaran Tamtama AD

Penting untuk diketahui, materi seleksi pendaftaran Tamtama AD cenderung berbeda dengan materi seleksi untuk aktivitas pendaftaran Bintara dan Taruna. Fokus penilaian dalam seleksi tingkat Tamtama AD biasanya cenderung lebih difokuskan ke fisik. Oleh sebab itu, jika Anda ingin bisa lulus dengan mudah, Anda harus mempersiapkan fisik Anda dengan baik. Secara keseluruhan, setiap peserta nantinya akan diminta untuk mengikuti dua tahap pengujian / seleksi, yaitu:


1. Pengujian / Pemeriksaan Tingkat Daerah

Pengujian tingkat daerah biasanya terbagi atas tiga materi. Ketiga materi tersebut adalah administrasi, kesehatan, dan jasmani. Seleksi administrasi biasanya dilakukan dengan mempertimbangkan nilai akademik, catatan kesehatan dari rumah sakit, catatan kepolisian, dll.

Jika berhasil lolos pada seleksi administrasi, peserta seleksi akan diarahkan untuk melakukan seleksi kesehatan. Dalam seleksi ini peserta akan diminta untuk melalui serangkaian tes kesehatan yang dilakukan oleh tim dokter profesional. Biasanya, seleksi kesehatan ini mencakup seleksi kesehatan fisik dan seleksi kesehatan organ dalam.

Terakhir, jika berhasil lolos pada seleksi kesehatan, peserta akan diminta untuk mengikuti seleksi jasmani. Di tingkat daerah, seleksi jasmani akan dilakukan dengan mengacu pada 4 aspek, yaitu postur, renang 50 meter, Garjas A lari selama 12 menit, dan B1 Pull up.


2. Pengujian / Pemeriksaan Tingkat Pusat

Jika berhasil lolos pada tahap pengujian tingkat daerah, selanjutnya peserta seleksi akan diminta untuk mengikuti tahapan seleksi pendaftaran Tamtama AD di tingkat pusat. Seleksi di tingkat pusat terdiri dari lima materi seleksi, yaitu: administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideologi, dan psikologi.


Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Pendaftaran Tamtama AD

Proses pengumuman hasil seleksi pendaftaran Tamtama AD biasanya dilakukan secara bertahap di setiap tahapan / materi seleksi. Biasanya, aktivitas seleksi akan dilakukan dengan menggunakan sistem gugur. Jadi, yang diperbolehkan untuk mengikuti tahapan proses seleksi secara lengkap hanyalah peserta seleksi yang berhasil lolos pada setiap materi seleksi yang diajukan.

Nah, dalam prakteknya nanti, untuk melihat pengumuman hasil seleksi, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini: Pertama – tama Anda harus membuka halaman situs web resmi milik TNI yang digunakan untuk melakukan aktivitas rekrutmen Tamtama AD. Halaman situs webnya adalah sebagai berikut: http://rekrutmen-tni.mil.id/
  • Pada halaman situs web tersebut, lihat Kelompok “TNI AD”
  • Pilih menu Tamtama AD (perhatikan gelombang dan tanggal masa berlaku)
  • Setelah halaman pendaftaran Tamtama AD terbuka, di bagian sebelah kanan, Anda akan melihat menu form untuk login
  • Masukkan alamat email dan password Anda pada menu form tersebut, lalu klik “Masuk”
  • Pengumuman akan ditampilkan pada halaman peserta tersebut

Nah, itulah sedikit informasi terkait pendaftaran Tamtama AD yang dapat kami bagikan kepada Anda. Jika Anda tertarik untuk mencoba program ini, Anda kami sarankan untuk mempersiapkan diri sebaik – baiknya. Pasalnya, tingkat persaingan seleksi untuk Program Tamtama AD biasanya cenderung sangat ketat. Akhir kata, selamat berjuang dan semoga berhasil ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel