Pendaftaran Pa PK Umum TNI

Rekrutmen-tni.mil.id  - Pendaftaran Pa PK Umum TNI Tahun ini Kembali Dibuka! - Pada Tahun ini, pendaftaran Pa PK umum TNI kembali dibuka oleh Mabes TNI. Hal ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli pada organisasi TNI.

Aktivitas rekrutmen Pa PK Umum TNI ini ditujukan secara khusus untuk para lulusan perguruan tinggi, baik PTN maupun PTS. Nah, jika Anda tertarik untuk mengikuti proses seleksi pendaftaran Pa PK Umum TNI, Anda dapat melihat informasi lengkapnya sebagai berikut:



Persyaratan Pendaftaran Pa PK Umum TNI

Untuk bisa mengikuti proses seleksi pendaftaran Pa PK Umum TNI, Anda wajib memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini:
  • Pria dan wanita berusia maksimal 26 tahun (untuk yang berasal dari pendidikan D3), 30 tahun (untuk yang berasal dari pendidikan S1 dan D4), dan 32 tahun (untuk yang berasal dari pendidikan S-1 profesi).
  • Lulus dari jurusan dengan akreditasi A, dengan IPK minimal 2,7 (untuk yang berasal dari pendidikan D3) atau 2,8 (untuk yang berasal dari pendidikan D4, S1, dan S1 Profesi)
  • Untuk yang berasal dari jurusan dengan akreditasi B, wajib lulus dengan IPK 2,9 untuk pendidikan D3 dan 3,0 untuk pendidikan D4, S1, dan S1 Profesi.
  • Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti Dikma.
  • Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari tindak penyalahgunaan Narkoba (harus dibuktikan dengan surat bebas narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah)
  • Memiliki tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita
  • Bersedia ditugaskan ke seluruh wilayah NKRI
  • Khusus calon peserta yang berstatus karyawan, calon peserta wajib mendapatkan ijin dari perusahaan tempatnya bekerja. Selain itu, peserta juga harus membuat surat pernyataan siap diberhentikan dengan hormat dari pimpinan instansi jika dinyatakan lulus seleksi
  • Melampirkan sertifikat bukti Akreditasi Program Studi dari BAN PT

Langkah – Langkah Pendaftaran Pa PK Umum TNI

Jika Anda merasa bisa memenuhi seluruh persyaratan pendaftaran di atas dan merasa tertarik untuk melakukan pendaftaran Pa PK Umum TNI, Anda dapat mendaftarkan diri Anda dengan mengikuti panduan langkah di bawah ini:
  1. Pertama – tama, Anda harus membuka halaman situs website resmi milik TNI yang digunakan untuk aktivitas pendaftaran online, yaitu http://rekrutmen-tni.mil.id/
  2. Di halaman situs website tersebut, lihat bagian “MABES TNI”, lalu pilih opsi “Pa PK Umum”
  3. Setelah halaman untuk pendaftaran Pa PK Umum TNI terbuka, lihat bagian menu “Login Peserta”, lalu pilih opsi “Daftar / Registrasi”
  4. Isi seluruh formulir pendaftaran yang ada di halaman registrasi tersebut
  5. Jika sudah selesai, selanjutnya Anda harus melakukan daftar ulang di lokasi yang sudah ditentukan. Untuk melihat lokasi daftar ulang terdekat, Anda dapat membuka halaman situs web berikut ini: http://rekrutmen-tni.mil.id/berita/lokasi-penerimaan/pa-pk

Dalam prakteknya nanti, saat melakukan daftar ulang, Anda diwajibkan untuk membawa beberapa dokumen persyaratan di bawah ini:
  • Cetakan Formulir Pendaftaran
  • Surat Pendaftaran
  • Akte Kelahiran
  • Ijazah untuk seluruh jenjang pendidikan yang pernah Anda lalui
  • KTP pribadi dan KTP orang tua atau wali
  • Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Sertifikat keterangan Akreditasi program studi yang dikeluarkan oleh BAN PT
  • Pas Photo berwarna dan hitam putih dengan menggunakan kemeja ukuran 4 X 6 sebanyak 20 lembar
  • Transkrip nilai UKDI / UKDGI (khusus untuk yang berasal dari jurusan kedokteran)

Seluruh dokumen di atas harus dibawa dalam bentuk dokumen asli dan fotocopy saat hendak melakukan daftar ulang. Dokumen asli nantinya hanya perlu diperlihatkan, sedangkan fotocopynya akan ditahan oleh tim panitia pendaftaran Pa PK Umum TNI.


Tahapan Seleksi Pendaftaran Pa PK Umum TNI
Proses seleksi yang perlu dilalui oleh seluruh peserta seleksi pendaftaran Pa PK Umum TNI terdiri dari tiga tahap, yaitu:

1. Tahap Pemeriksaan Awal di Panda

Tahap seleksi ini meliputi beberapa tahapan seleksi, yaitu: seleksi administrasi, seleksi kesehatan, kesemaptaan jasmani, mental ideologi, dan psikologi. Seluruh tahap tes tersebut biasanya akan dilakukan oleh Panitia Daerah. Jika berhasil lolos tahap seleksi ini, peserta berhak untuk mengikuti tahapan seleksi yang selanjutnya.

2. Tahap Uji Awal di Daerah

Tahap seleksi kedua yang harus dilalui oleh para peserta seleksi pendaftaran Pa PK umum TNI adalah tahap uji awal di daerah. Secara keseluruhan, proses seleksi yang harus dilalui dalam tahap uji awal ini tidak jauh berbeda dengan proses seleksi pada tahap pertama. Bedanya, jika di tahap yang pertama seleksi dilakukan di Panda, di tahap yang ke dua ini proses seleksi akan dilakukan di daerah. Peserta seleksi di tahap ini biasanya adalah gabungan peserta seleksi dari beberapa Panda yang telah lulus tahap seleksi pertama.

3. Tahap Uji Tingkat Pusat

Terakhir, jika peserta berhasil lolos seleksi pendaftaran Pa PK umum TNI tahap ke dua, peserta wajib melalui proses seleksi tahap ketiga. Di tahap ini, peserta akan dikumpulkan dengan peserta lain yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia untuk mengikuti tes seleksi secara bersamaan. Jika berhasil lolos tahap seleksi ini, maka calon peserta akan diterima menjadi Calon Perwira dan berhak mengikuti pendidikan pertama.


Pengumuman Hasil Seleksi Pendaftaran Pa PK Umum TNI

Hasil seleksi pendaftaran Pa PK Umum TNI akan diumukan secara bertahap, yaitu mengikuti tahapan seleksi yang diberlakukan oleh panitia. Biasanya, untuk tahapan seleksi pertama dan kedua, proses pengumumannya akan dilakukan melalui halaman situs resmi yang digunakan untuk melakukan proses pendaftaran online, yaitu di http://rekrutmen-tni.mil.id/.

Untuk mengecek hasil seleksi di halaman situs website tersebut, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:
  • Buka halaman situs http://rekrutmen-tni.mil.id/
  • Di Bagian Mabes TNI, pilih Pa PK Umum TNI
  • Di bagian menu Login, masukkan email dan password Anda
  • Pengumuman hasil seleksi akan ditampilkan dalam bentuk list

Selain melalui halaman situs resmi, hasil seleksi pendaftaran Pa PK umum TNI biasanya juga akan diumumkan secara langsung begitu proses Pantuhir di tahap uji tingkat pusat telah selesai dilaksanakan. Biasanya, seluruh peserta yang berhasil sampai ke tahap uji tingkat pusat akan dikumpulkan dan peserta yang lolos ataupun diterima akan dipanggil satu persatu oleh pihak panitia.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai tata cara dan proses pendaftaran Pa PK Umum TNI yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel