Pendaftaran Bintara TNI AU

Au.rekrutmentni.net - Beberapa pembahasan mengenai Pendaftaran Bintara TNI AU akan dibahas secara lengkap simak seperti berikut, untuk Anda yang ingin berkarir di Lembaga TNI Angkatan Udara. Tahun ini, Markas Besar TNI AU telah membuka aktivitas rekrutmen dan pendaftaran Bintara AU untuk seluruh putra – putri terbaik bangsa.

Bagi yang ingin  mendaftarkan diri Anda pada program rekrutmen Bintara AU tersebut, informasi lengkap terkait aktivitas pendaftarannya adalah sebagai berikut: Untuk bisa mendaftar menjadi calon Bintara AU, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini:



Persyaratan Pendaftaran Bintara AU

Persyaratan Umum

Persyaratan umum yang harus Anda penuhi untuk bisa mendaftar menjadi calon Bintara AU adalah sebagai berikut:
  • Merupakan WNI
  • Tidak pernah terlibat pada tindakan kriminal apapun sama sekali (harus dibuktikan dengan SKCK dari kepolisian setempat)
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak sedang menjalani proses hukum yang mengakibatkan hilangnya hak menjadi prajurit berdasarkan putusan hakim pengadilan
  • Telah berusia setidak – tidaknya 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun pada masa awal pembukaan Dikma
  • Telah berhasil lulus Dikma untuk membentuk prajurit siswa menjadi prajurit

Persyaratan Khusus

Beberapa persyaratan khusus yang juga wajib Anda penuhi jika ingin mengikuti proses pendaftaran Bintara AU adalah sebagai berikut:
  • Khusus untuk calon Bintara Pria, harus berasal dari jurusan SMA IPA, SMK Teknik/Teknologi/ Paramedis
  • Khusus untuk calon Bintara Wanita, boleh berasal dari semua jurusan SMA atau SMK jurusan Paramedis, perkantoran, akuntansi, teknik informatika, dan manajemen
  • Tinggi badan minimal ditetapkan sebesar 163 cm untuk calon Bintara, dan 157 untuk calon Bintari dengan bobot badan yang proporsional
  • Bersedia menjalani ikatan dinas selama 10 tahun (dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai)

Persyaratan Tambahan

Terakhir, selain harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus di atas, setiap calon bintara/i AU yang ingin mengikuti proses pendaftaran Bintara AU juga diwajibkan untuk memenuhi beberapa persyaratan tambahan berikut ini:
  • Bersedia ditugaskan ke seluruh wilayah NKRI
  • Bersedia melakukan ganti rugi kepada negara jika mengundurkan diri saat Dikma
  • Khusus untuk calon bintara yang berstatus sebagai karyawan, wajib mendapatkan ijin dari kepala perusahaan dan harus bersedia mengundurkan diri dari perusahaan jika diterima menjadi bintara AU
  • Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menjalani Dikma dan 2 tahun setelah dikma
  • Mendapat persetujuan dari orang tua
  • Mengikuti seluruh prosedur seleksi yang berlaku
  • Panduan dan Tata Cara Pendaftaran Bintara AU

Jika Anda merasa dapat memenuhi seluruh persyaratan di atas, Anda dapat melakukan aktivitas pendaftaran bintara AU dengan mengikuti panduan di bawah ini:
  1. Buka situs website http://au.rekrutmentni.net/
  2. Di bagian Bintara, klik tombol “Daftar” yang ada di bagian bawah
  3. Isi seluruh formulir pendaftaran yang ada di halaman tersebut, lalu klik “Daftar”
  4. Unduh blanko administrasi untuk daftar ulang (bisa diunduh di http://au.rekrutmentni.net//Upload/Blangko%20Administrasi%20TA%202017%20AAU.pdf)
  5.  Lakukan daftar ulang di lokasi pendaftaran terdekat (lokasi dan alamat pendaftaran dapat dilihat di: http://au.rekrutmentni.net/info/jadwal-lokasi-bintara)

Penting untuk diingat, saat melakukan daftar ulang nanti, Anda harus membawa berbagai macam persyaratan yang dibutuhkan, seperti: KTP pribadi, KTP orang tua, Akte kelahiran, ijazah untuk seluruh jenjang pendidikan yang pernah dilalui, SKCK, blanko administrasi, pas photo, surat keterangan bebas narkoba, surat keterangan tidak buta warna, dll.


Tahapan Proses Seleksi Pendaftaran Bintara AU

Tahapan proses seleksi pendaftaran bintara AU terdiri dari dua tahap, yaitu:

1. Seleksi Tingkat Daerah

Di tahapan seleksi ini Anda akan berhadapan dengan calon bintara lain yang sama – sama berasal dari daerah Anda. Secara keseluruhan ada 9 tahapan seleksi yang harus Anda lewati di seleksi tingkat daerah. Ke sembilan tahapan seleksi tersebut adalah sebagai berikut: seleksi administrasi (dilakukan dengan melihat kelengkapan data administrasi), pemeriksaan kesehatan tingkat satu, seleksi kesamaptaan jasmani dan postur, penelitian personel, seleksi sekrining Pom, seleksi psikologi (hanya dilakukan di beberapa daerah tertentu saja), seleksi kesehatan tahap dua, seleksi administrasi tahap dua, dan sidah pemilihan tingkat daerah.

2. Seleksi Tingkat Pusat

Bila Anda berhasil lolos dari seluruh tahapan seleksi yang berjalan di tingkat daerah, selanjutnya Anda akan diarahkan untuk mengikuti seleksi tingkat pusat. Di tahapan seleksi ini Anda akan bersaing dengan calon bintara dari seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Beberapa tahapan seleksi pendaftaran Bintara AU tingkat pusat yang harus Anda lalui adalah sebagai berikut: pemeriksaan administrasi, uji skrining Pom, penelitian personel, seleksi kesamaptaan jasmani, pemeriksaan kesehatan, seleksi dan pemeriksaan psikologi (dilakukan dengan sistem CAT), dan TPA).

Jika Anda berhasil lolos di tahapan seleksi tingkat pusat, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengikuti pendidikan tingkat pertama (Dikma) untuk kemudian ditempatkan ke berbagai wilayah yang ada di Indonesia untuk menjalani kontrak dinas yang telah Anda tanda tangani sebelumnya (saat pendaftaran Anda akan diminta untuk menandatangani kontrak dinas).


Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Pendaftaran Bintara AU

Untuk melihat pengumuman hasil seleksi pendaftaran bintara AU, Anda hanya perlu login ke halaman personal Anda di situs website resmi milik TNI AU yang digunakan untuk proses pendaftaran. Caranya, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:
  1. Buka situs http://au.rekrutmentni.net/
  2. Di bagian ujung sebelah kanan atas, klik menu “login
  3. Masukkan alamat email dan password yang Anda miliki, lalu klik “sign in”
  4. Di halaman personal, klik menu pengumuman hasil seleksi. Pengumuman hasil seleksi akan ditampilkan di halaman tersebut

Itulah sedikit informasi mengenai persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, tahapan proses seleksi dan cara cek pengumuman hasil seleksi pendaftaran bintara AU yang dapat kami bagikan kepada Anda.

Penting untuk diingat, proses seleksi pendaftaran Bintara AU selalu berjalan dengan ketat. Oleh sebab itu, jika Anda ingin berhasil dan diterima menjadi prajurit bintara di lembaga TNI AU, Anda harus mempersiapkan diri Anda dengan sebaik-baiknya.

Di lain sisi, Anda juga harus mengetahui sepenuhnya bahwa proses seleksi pendaftaran bintara AU tidak dipungut biaya sama sekali. Jika ada pihak – pihak tertentu yang meminta Anda untuk mentransfer dana ke rekening tertentu dalam rangka untuk proses seleksi bintara AU, maka dapat dipastikan hal tersebut adalah penipuan. Akhir kata, selamat berjuang dan semoga berhasil ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel