Pendaftaran Bintara TNI AL

Al.rekrutmen-tni.mil.id -  Pendaftaran Bintara TNI AL kembali dibuka untuk pemuda – pemudi terbaik Indonesia yang ingin berkarir di dunia militer Angkatan Laut Indonesia. Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan diri Anda pada kesempatan ini, Anda dapat melihat informasi lengkap tentang persyaratan, tata cara pendaftaran, tahapan proses seleksi dan cara mengecek pengumuman hasilnya di bawah ini:

Untuk bisa mendaftar dalam proses seleksi pendaftaran Bintara AL, setiap calon peserta seleksi wajib memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia seleksi. Persyaratan tersebut adalah sebagai berikut:



Persyaratan Umum Pendaftaran Bintara AL
  • Merupakan WNI
  • Berusia paling tidak 17 tahun 9 bulan dan paling tua 22 tahun
  • Telah lulus dari jenjang pendidikan SMA sederajat dengan rata – rata nilai Ujian Nasional minimal 6, atau sedang duduk di bangku kelas 12 SMA dengan nilai rata – rata rapor dari semester 1 sampai semester 5 minimal 6,5 dan sudah terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional
  • Memiliki tinggi badan sekurang – kurangnya 163 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita dengan bobot badan yang seimbang / proporsional
  • Tidak pernah melakukan pelanggaran hukum yang menyebabkan kehilangan hak untuk menjadi Prajurit berdasarkan putusan pengadilan (harus dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres setempat)
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani program Dikma dan 2 tahun setelahnya untuk caba pria dan tiga tahun setelah Dikjur untuk caba wanita
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kekuasaan NKRI
  • Bersedia menjalani ikatan dinas minimal selama 7 tahun dan maksimal selama 10 tahun
  • Memiliki KTP sesuai dengan tempat pendaftaran terdekat
  • Khusus untuk caba wanita, harus berpenampilan menarik

Selain persyaratan umum di atas, calon peserta seleksi biasanya juga akan diminta untuk melengkapi berbagai macam persyaratan tambahan, seperti: tidak bertindik, tidak bertato, tidak menggunakan kaca mata, tidak menggunakan softlens, tidak terlibat dalam aktivitas penyalahgunaan narkoba, tidak buta warna, dll.


Panduan dan Tata Cara Pendaftaran Bintara AL

Bila Anda merasa mampu untuk memenuhi seluruh persyaratan di atas dan ingin segera mendaftarkan diri ke panitia seleksi, untuk mendaftar, Anda dapat mengikuti panduan pendaftaran Bintara AL berikut ini:

Penting untuk diketahui proses pendaftaran Bintara AL sudah dilakukan dengan menggunakan sistem online. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mendaftar dan mengikuti seleksi Bintara AL, mau tidak mau Anda harus mengerti bagaimana cara mendaftar via online. Langkah – langkah tata caranya adalah sebagai berikut:
  • Siapkan satu alamat email yang aktif
  • Kunjungi halaman situs web http://al.rekrutmen-tni.mil.id/
  • Di bagian sebelah kiri, pilih opsi Bintara AL
  • Di bagian sebelah kiri, pilih opsi Klik di sini untuk mendaftar!
  • Isi semua form yang ada pada halaman tersebut dengan sejujur – jujurnya
  • Sebelum mengklik tombol “Daftar”, coba periksa kembali isi data Anda. Pastikan semuanya sudah benar
  • Jika semuanya sudah benar, klik tombol “Daftar” yang ada di bagian bawah form tersebut
  • Nantinya Anda akan mendapatkan email yang berisi permintaan untuk melakukan konfirmasi pendaftaran
  • Buka email tersebut, lalu ikuti panduan yang terdapat di dalamnya

Jika proses pendaftaran onlinenya sudah selesai, selanjutnya Anda harus melakukan daftar ulang ke tempat pendaftaran terdekat (lokasinya bisa dilihat di http://al.rekrutmen-tni.mil.id/bapk/halaman/berita/lokasi/al.html). Saat hendak melakukan daftar ulang, Anda diminta untuk membawa beberapa dokumen, seperti: printout formulir pendaftaran, akte kelahiran, ktp pribadi dan ktp orang tua, ijazah untuk seluruh jenjang pendidikan, kartu keluarga, pas photo terbaru ukuran 4x6 hitam putih 2 lembar, 3x4 2 lembar, dan map biru 2 lembar.

Terakhir, saat melakukan daftar ulang, calon peserta seleksi wajib menggunakan pakaian seragam berupa kemeja putih dan celana tisu warna hitam.


Proses Seleksi Pendaftaran Bintara AL

Materi seleksi pendaftaran Bintara AL dibagi dalam dua tingkatan seleksi, yaitu

1. Seleksi Tingkat Daerah

Seleksi di tingkat daerah terdiri dari enam materi seleksi, yaitu pemeriksaan kesehatan (terdiri atas tes kesehatan umum, rontgen dan laboran, cek darah, dan tes urin), tes psikologi, tes mental ideologi, uji kesamaptaan jasmani, pemeriksaan administrasi, dan pantukhir daerah.

2. Seleksi Tingkat Pusat

Di tingkat pusat, materi seleksinya juga ada enam, yaitu pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan jiwa, uji kesamaptaan jasmani, pemeriksaan jasmani, pemeriksaan administrasi, dan pantukhir pusat.


Cara Cek Pengumuman Seleksi Pendaftaran Bintara AL


Untuk mengecek pengumuman hasil seleksi pendaftaran Bintara AL, Anda dapat memanfaatkan halaman situs website resmi TNI AL yang digunakan untuk aktivitas seleksi pendaftaran. Untuk melakukan pengecekan, Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini:
  1. Buka halaman situs website http://al.rekrutmen-tni.mil.id/
  2. Di bagian banner sebelah kiri, Anda akan melihat tiga alternatif pilihan, yaitu Taruna AAL, Bintara AL, dan Tamtama AL
  3. Dari ketiga pilihan tersebut, pilih opsi Bintara AL
  4. Setelah halaman rekrutmen untuk tingkatan Bintara Al telah terbuka, di bagian sebelah kiri Anda akan melihat kolom “Login Calon Ba PK TNI AL”
  5. Masukkan username dan password Anda pada kolom tersebut
  6. Klik tombol “Login
  7. Pengumuman akan ditampilkan di halaman personal Anda

Biasanya pengumuman hasil seleksi akan dilakukan beberapa kali, yaitu di setiap tahapan tes. Selain menggunakan cara di atas Anda juga bisa melihat pengumuman hasil seleksi dengan cara bertanya ke tim panitia secara langsung. Atau, khusus untuk Anda yang berhasil lolos hingga ke tahap pantukhir tingkat pusat, panitia seleksi biasanya akan mengumumkan hasil seleksinya secara langsung ke seluruh peserta seleksi, sehingga Anda tidak perlu melakukan pengecekan di halaman situs web sama sekali.

Nah, itulah informasi lengkap terkait pendaftaran Bintara AL yang dapat kami bagikan kepada Anda. Penting untuk diingat, proses pendaftaran untuk program Bintara AL cenderung sangat ketat. Oleh sebab itu, jika Anda ingin lolos dan berhasil menjadi Bintara di Angkatan Laut, Anda harus mempersiapkan diri Anda dengan sebaik – baiknya.

Selain itu, hal lain yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah mengenai pungutan biaya. Panitia seleksi pendaftaran Bintara AL tidak pernah memungut biaya apa pun sama sekali. Jika Anda mendapati ada oknum – oknum tertentu yang meminta pungutan biaya, Anda diwajibkan untuk melaporkan oknum tersebut ke pihak panitia seleksi. Akhir kata, selamat berjuang dan semoga berhasil ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel