Pendaftaran Bintara TNI AD

Ad.Rekrutmen-tni.mil.id   - berikut informasi  Pendaftaran Bintara TNI AD Tahun ini secara resmi telah dibuka. Jika berminat, Anda sudah bisa mulai melakukan aktivitas pendaftaran di halaman situs web resmi milik TNI AD.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga profesional di lingkungan TNI AD, TNI AD secara rutin selalu membuka aktivitas rekrutmen prajurit TNI AD setiap satu / beberapa tahun sekali.



Nah, di Tahun ini, pendaftaran prajurit TNI AD untuk jenjang Bintara kembali dibuka. Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan diri, Anda dapat melihat informasi lengkap terkait persyaratan dan proses pendaftarannya sebagai berikut:


Persyaratan Pendaftaran Bintara AD

Untuk bisa mendaftar sebagai peserta seleksi pendaftaran Bintara AD, Anda harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang ditentukan oleh panitia seleksi. Secara keseluruhan, persyaratan pendaftarannya adalah sebagai berikut:
  1. Merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Telah lulus atau berijazah setidaknya SMA / SMK / MA
  3. Bukan mantan anggota / mantan prajurit TNI / Polri, dan bukan pula mantan PNS
  4. Memiliki tinggi badan minimal 157 cm untuk perempuan dan 163 cm untuk laki - laki
  5. Tidak pernah terlibat dalam aktivitas penyalahgunaan narkoba
  6. Tidak sedang terlibat dalam tindakan dan atau aktivitas kriminal (harus dibuktikan dengan SKCK dari kepolisian setempat)
  7. Tidak buta warna (harus dibuktikan dengan surat keterangan tidak buta warna dari rumah sakit pemerintah)
  8. Sehat secara jasmani dan mental (harus dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah)
  9. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Dikma
  10. Tidak bertato dan tidak bertindik
  11. Tidak berkacamata dan tidak menggunakan softlens
  12. Bersedia ditempatkan / ditugaskan di seluruh wilayah NKRI

Panduan Cara Pendaftaran Bintara AD

Proses pendaftaran Bintara AD dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pendaftaran online dan tahap pendaftaran ulang secara offline. Karena tahap pertamanya dilakukan secara online, maka saat hendak melakukan pendaftaran, Anda kami sarankan untuk menyiapkan akun email yang aktif. Bila memungkinkan, hindarilah penggunaan nama email yang tidak sesuai nama ataupun alamat email yang “alay”.

Jika alamat email yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran sudah tersedia, selanjutnya Anda dapat langsung melakukan aktivitas pendaftaran online dengan mengikuti langkah – langkah sebagai berikut:
  • Pertama – tama Anda harus membuka halaman situs web http://rekrutmen-tni.mil.id/
  • Di Kelompok TNI AD, pilih menu “Bintara AD”
  • Di halaman tersebut, Anda akan melihat kolom login peserta
  • Klik opsi “Daftar/Registrasi” yang ada di bagian bawah kolom tersebut (di samping tombol Masuk)
  • Isi semua form yang terdapat pada halaman registrasi tersebut dengan data pribadi Anda
  • Sebelum mengklik tombol “Daftar”, pastikan seluruh data yang Anda masukkan sudah benar
  • Jika sudah benar, klik tombol “Daftar”
  • Terakhir, printout bukti pendaftaran Anda

Jika proses pendaftaran online sudah selesai, selanjutnya Anda diminta untuk melakukan pendaftaran ke Ajendam / Rem yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Lokasi Ajendam / Rem dapat Anda lihat di halaman situs berikut ini: http://ad.rekrutmen-tni.mil.id/berita/lokasi-penerimaan/bintara-ad

Saat hendak melakukan daftar ulang, jangan lupa untuk membawa berbagai macam dokumen pribadi yang dibutuhkan, seperti: dokumen KTP milik pribadi dan KTP milik orang tua / wali, berkas ijazah SD sampai SMA, SKCK, surat keterangan bebas narkoba, surat keterangan tidak buta warna, surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah, Akte kelahiran, printout bukti pendaftaran online, dll. Terakhir, jika proses daftar ulang sudah selesai, Anda dapat mempersiapkan diri Anda untuk mengikuti proses seleksi.


Proses Seleksi Pendaftaran Bintara AD

Proses seleksi pendaftaran Bintara AD dilakukan dengan mengacu pada 6 materi penilaian, yaitu:

1. Administrasi

Dalam tahap seleksi ini, peserta akan dinilai berdasarkan kelengkapan dan kelayakan berkas administrasi yang diajukannya. Nilai akademik selama di sekolah, catatan kepolisian, catatan riwayat kesehatan, dan piagam penghargaan yang dimiliki akan banyak berperan dalam tahap seleksi ini.

2. Kesehatan

Jika berhasil melalui proses seleksi administrasi, peserta yang mengikuti seleksi pendaftaran Bintara AD akan diarahkan untuk mengikuti tes / seleksi kesehatan. Seleksi ini biasanya dilakukan dalam dua tahap, yaitu seleksi tes kesehatan fisik luar dan seleksi tes kesehatan organ dalam.

3. Jasmani

Selanjutnya, para peserta seleksi yang berhasil lolos seleksi kesehatan akan diarahkan untuk mengikuti tes jasmani. Tes ini biasanya berkaitan dengan tes fisik, seperti renang, lari, dan lain sebagainya.

4. Mental Ideologi

Tes mental ideologi biasanya berkaitan dengan kemampuan pengendalian diri saat dihadapkan dengan berbagai macam permasalahan. Tes ini hanya bisa diikuti oleh calon peserta seleksi pendaftaran Bintara AD yang berhasil lolos pada tes jasmani.

5. Tes Psikologi

Jika berhasil lolos tes Mental Ideologi, calon peserta nantinya akan diarahkan untuk mengikuti tes psikologi. Aspek yang dinilai dalam tes ini biasanya berhubungan dengan kepribadian dan kemampuan / keterampilan hubungan sosial yang dimiliki oleh setiap peserta seleksi.

6. Akademik

Terakhir, setiap calon peserta yang berhasil lolos tes psikologi selanjutnya akan diarahkan untuk mengikuti tes akademik. Seperti namanya, tes ini dilakukan untuk menilai kemampuan akademik setiap peserta seleksi. Jika berhasil lolos tes ini, maka peserta seleksi berhak untuk mengikuti program pendidikan pertama.


Pengumuman Seleksi Pendaftaran Bintara AD

Aktivitas pengumuman hasil seleksi pendaftaran Bintara AD biasanya dilakukan melalui dua cara, yaitu secara langsung selepas rapat panitia dan via halaman situs web resmi yang digunakan untuk proses pendaftaran Bintara AD. Untuk mengecek hasil seleksi pendaftaran melalui halaman situs web, Anda dapat mengikuti panduan pengecekan di bawah ini:
  • Buka halaman situs http://rekrutmen-tni.mil.id/
  • Di Kelompok TNI AD, pilih menu “Bintara AD”
  • Di bagian LOGIN PESERTA, masukkan alamat email dan password akun Anda
  • Pengumuman akan ditampilkan di halaman tersebut

Itulah sedikit informasi mengenai persyaratan, panduan tata cara pendaftaran, proses seleksi, dan cara mengecek pengumuman seleksi pendaftaran Bintara AD yang dapat kami bagikan kepada Anda. Penting untuk diingat, TNI AD tidak pernah melakukan pengutipan dana sama sekali dalam setiap tahapan proses seleksi Bintara AD. Jika selama dalam proses seleksi nanti Anda dimintai biaya oleh oknum – oknum tertentu, Anda diwajibkan untuk melaporkan oknum tersebut ke pihak panitia seleksi. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga diterima ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel