Pendaftaran Beasiswa TNI AD,AL,AU

Rekrutmen-tni.mil.id - Pendaftaran beasiswa TNI hanya dibuka di waktu – waktu tertentu saja, yaitu saat TNI membutuhkan tenaga ahli yang berasal dari kalangan lulusan perguruan tinggi. Untuk mendapatkan informasi terupdate mengenai beasiswa TNI, Anda kami sarankan untuk rutin melakukan pengecekan di halaman situs web http://rekrutmen-tni.mil.id/berita/pengumuman/mahasiswa-beasiswa.

Jika Anda ingin mempelajari tentang persyaratan, cara pendaftaran, dan proses seleksi beasiswa ini, Anda dapat membaca informasi lengkapnya di bawah ini: Untuk bisa mendaftar dalam program beasiswa TNI, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:




Persyaratan Pendaftaran Beasiswa TNI
  • Merupakan Warga Negara Indonesia
  • Berasal dari jurusan ataupun program studi yang sesuai dengan kebutuhan TNI
  • Kuliah di perguruan tinggi yang bekerjasama dengan TNI
  • Tidak pernah terlibat dalam tindak pidana apa pun (wajib dibuktikan dengan SKCK dari kepolisian setempat)
  • Tidak pernah terlibat dalam tindak penyalahgunaan narkoba
  • Memiliki tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI
  • Bersedia menjalani ikatan dinas
  • Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama kurun waktu tertentu (berbeda – beda setiap tahunnya)
  • Mampu mempertahankan prestasi akademik yang dibuktikan dengan nilai IPK (nilai IPK minimal berbeda – beda setiap tahunnya)
  • Sehat secara jasmani dan rohani (harus dibuktikan dengan surat kesehatan dari lembaga kesehatan)
  • Tidak buta warna
  • Tidak sedang dalam ikatan dinas dengan instansi lain

Panduan dan Tata Cara Pendaftaran Beasiswa TNI

Proses pendaftaran beasiswa TNI biasanya dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama akan dilakukan secara online, dan tahap kedua akan dilakukan secara online. Penting untuk diingat, siapapun yang mendapatkan beasiswa TNI nantinya wajib bersedia untuk menjalani ikatan dinas dan bekerja sebagai prajurit TNI dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, sebelum mendaftar, pastikan Anda memang benar – benar bersedia untuk memenuhi seluruh persyaratan yang tersedia.

Jika Anda sudah yakin, untuk melakukan pendaftaran, Anda dapat mengunjungi situs resmi TNI yang digunakan untuk aktivitas pendaftaran beasiswa TNI di http://rekrutmen-tni.mil.id. Di halaman tersebut, segala informasi yang terkait dengan pendaftaran beasiswa TNI sudah disediakan dengan lengkap.

Untuk melakukan pendaftaran melalui halaman situs tersebut Anda dapat meng-klik menu  “Daftar / Registrasi” yang terdapat di bagian bawah kolom “LOGIN PESERTA”. Setelah halaman registrasinya terbuka, selanjutnya Anda tinggal mengisi seluruh form yang ada di halaman tersebut. Penting untuk diingat, sebelum Anda mengirim data Anda, pastikan seluruh data yang Anda isikan ke dalam form pendaftaran sudah benar. Hal ini sangat penting untuk dilakukan demi menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Sampai tahap ini, proses pendaftaran beasiswa TNI secara online sudah selesai. Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan daftar ulang ke lokasi pendaftaran yang sudah ditentukan (untuk melihat lokasi pendaftaran yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda, Anda dapat mengunjungi halaman situs web berikut ini: http://rekrutmen-tni.mil.id/

Saat melakukan daftar ulang, pastikan Anda telah membawa seluruh persyaratan dokumen yang diminta. Persyaratan dokumen yang diminta cenderung berbeda – beda untuk setiap tahunnya. Walaupun begitu, biasanya dokumen yang diminta tidak jauh – jauh dari beberapa dokumen berikut ini: KTP pribadi milik Anda, KTP orang tua / wali Anda, Kartu Keluarga, Ijazah dan SKHU dari mulai SD sampai SMA, bukti IP dari mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir, surat rekomendasi dari kampus, SKCK, surat keterangan sehat, surat keterangan bebas narkoba, surat keterangan tidak buta warna, Akte Kelahiran, pas foto, dll.


Tahapan Seleksi Pendaftaran Beasiswa TNI

Karena setelah program beasiswa selesai Anda nantinya akan langsung diangkat menjadi prajurit TNI, maka proses seleksi untuk mendapatkan beasiswa TNI akan dilakukan seperti halnya seleksi masuk TNI. Dalam hal ini Anda nantinya tidak hanya sekedar diuji / dinilai dari sudut pandang akademik saja. Lebih dari pada itu, Anda nantinya juga akan dinilai dari sudut pandang kemampuan fisik, kemampuan analisa di lapangan, keseimbangan mental dan psikologi, dll.

Sama seperti halnya dokumen persyaratan yang diminta, tahapan seleksi pendaftaran beasiswa TNI yang akan diujikan pun biasanya juga berbeda – beda setiap tahun. Walaupun begitu, materi yang akan diujikan pasti tidak akan jauh – jauh dari beberapa materi seleksi berikut ini:
  • Seleksi berkas / administrasi
  • Tes kesehatan
  • Tes psikologi
  • Pemeriksaan mental
  • Tes kesamaptaan jasmani
  • Tes Potensi Akademik
  • Tes akademik sesuai dengan bidang studi yang sedang ditekuni
  • Rapat penentuan

Jika Anda berhasil lolos dalam setiap tahapan seleksi di atas, maka Anda akan berhak mendapatkan beasiswa dari TNI. Di lain sisi, begitu lulus, Anda diwajibkan untuk menjalani program ikatan dinas sesuai dengan kontrak perjanjian yang telah Anda tandatangani sebelumnya.


Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Pendaftaran Beasiswa TNI

Hasil seleksi pendaftaran beasiswa TNI biasanya akan dilakukan secara bertahap di setiap tahapan / materi seleksi. Proses pengumuman hasil seleksi akan dilakukan melalui halaman situs web milik TNI. Biasanya hanya ada dua pihak yang dapat melihat pengumuman hasil seleksi beasiswa ini, yaitu pihak panitia pelaksana seleksi dan peserta yang mengikuti seleksi pendaftaran beasiswa TNI. Nah, untuk peserta, cara mengecek pengumuman hasil seleksinya adalah sebagai berikut:
  • Pertama – tama, kunjungi halaman situs website http://rekrutmen-tni.mil.id/berita/pengumuman/mahasiswa-beasiswa
  • Di bagian sebelah kanan atas, masukkan alamat email dan password yang Anda gunakan untuk mendaftar online sebelumnya
  • Klik tombol “Masuk
  • Anda nantinya akan dialihkan ke halaman personal milik Anda
  • Di halaman personal tersebut, silahkan cari informasi terkait dengan pengumuman hasil seleksi pendaftaran beasiswa TNI yang Anda ikuti

Khusus untuk Anda yang berhasil lolos sampai ke seleksi terakhir, di tahap akhir nanti Anda tidak perlu lagi melakukan pengecekan hasil dengan menggunakan langkah di atas. Pasalnya, pengumuman hasil akan dilakukan secara langsung oleh pihak panitia di hadapan para peserta.

Itulah penjabaran lengkap mengenai pendaftaran beasiswa TNI yang dapat kami bagikan kepada Anda. Penting untuk diingat, karena beasiswa yang Anda perebutkan ini berasal dari TNI, maka tes seleksi yang akan Anda hadapi tidak hanya sekedar tes akademik, melainkan juga tes fisik. Untuk itu, agar Anda bisa berhasil mendapatkan beasiswa ini, Anda kami sarankan untuk mempersiapkan diri Anda baik secara akademik maupun secara fisik dengan sebaik – baiknya. Akhir kata, selamat berjuang dan semoga berhasil ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel