Cara Pendaftaran Online SNMPTN Terbaru

SNMPTN.AC.ID - Jadi ikut SNMPTN ngak ? Saya ngak lulus jadi tidak bisa daftar SNMPTN, itu sedikit percakapan dengan adik kelas saya, seketika terhenti dan tidak lagi menanyakan mengenai proses pendaftaran SNMPTN, saya pun sempat terdiam dan bingung kok bisa padahal proses pendaftaran SNMPTN belum dilaksanakan. 

Segera saya browsing apakah ada pembaruan mengenai proses pendaftaran SNMPTN, ternyata dugaan ku benar, pemerintah melalui Kemenristek dikti telah mengupdate prosedur SNMPTN dimana sebelumnya SNMPTN setiap tahun ada salah satu perguruan tinggi negeri yang di tunjuk sebagai penyelenggara panitia SNMPTN.



Tugas selanjutnya diserahkan kepada PTN tersebut untuk membentuk panitia pelaksaan yang diketuai langsung oleh rektor PTN yang ditunjuk, yang terlibat di dalamnya adalah Dosen dari PTN yang ditunjuk, staf kampus dan tentunya melibatkan mahasiswa. Bahkan mahasiswa paling banyak dilibatkan dalam kegiatan pelaksaan SNMPTN.

Namun berbeda cerita setelah Kemenristek Dikti membentuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dimana semua seleksi PTN harus mengikuti standar LTMPT, dengan kata lain LTMPT sebagai lembaga tertinggi dalam hal seleksi PTN akan melakukan verifikasi data masuk kemudian mengelolah semua data tersebut.

Mereka yang dikirim oleh sekolah untuk mengikuti SNMPTN tidak bisa langsung mendaftar melainkan setelah sekolah input data akan dilakukan verifikasi nah disinlah tugas LTMPT apakah dinyatakan lulus atau tidak, jika tidak lulus dipastikan siswa yang bersangkutan tidak akan bisa melanjutkan mendaftar.

Jika di lihat secara keseluruhan sistem terbaru SNMPTN ini lebih efektif jadi sekolah tidak perlu repot-repot mendaftarkan banyak siswa lagi saat daftar SNMPTN. Namun dari sisi lain di mata siswa sistem ini tentu akan sangat merugikan karena kesempatan untuk bisa mendaftar SNMPTN akan semakin kecil.

Terlepas dari itu kita patut bersyukur karena saat ini tes PTN sudah ada standar dan lembaga sendiri dan terkesan serius tidak seperti dulu dimana yang mengerjakan tugas panitia kebanyakan mahasiswa, jika di luar negeri sistem tes seperti ini sudah diterapkan dan lebih mendetail yang sering dikenal dengan Tim Penelusur Minat dan Bakat bahkan sejak Sekolah dasar sudah ada.

Lantas apa yang harus dilakukan seandainya kalian ingin ikut mendaftar SNMPTN tahun ini, apakah tidak ingin ikut takut tidak lulus dan akhirnya buang-buang waktu saja, yang pasti tidak seperti itu cara berfikirnya kita harus berusaha ikut dengan menyiapkan beberapa berkas dan silahkan menunggu kabar dari sekolah. Untuk lebih jelas berikut mekanisme Pendaftaran Online SNMPTN

  1. Yang pasti yang dibutuhkan adalah nilai rapot dari kelas 10 sampai 12 dimana kita tidak perlu bersusah payah karena SNMPTN adalah wewenang sekolah.
  2. Kita hanya harus menunggu sampai proses pengisian pdss selesai dilakukan sekolah.
Lalu bagaimana kita mengetaui apakah bisa mendaftar SNMPTN atau tidak, jawabannya cukup mudah seperti berikut :

  1. Setelah proses pengisian PDSS selesai dilakukan sekolah masing-masing siswa akan mendapatkan user dan password yang nantinya akan digunakan login melalui situs resmi SNMPTN.
  2. Buka situs https://web.snmptn.ac.id/ jika belum mengalami perubahan kemudian masukan user berupa NISN dan password yang sudah diberikan sekolah pada tanggal pengumuman verifikasi PDSS.
  3. Nantinya mereka yang berhasil login akan diminta untuk mengisi data berupa form data diri, data pendidikan, data orang tua beserta penghasilan sampai dengan selesai.
  4. Namun jika setelah dicek ternyata tidak lulus artinya kalian harus move on dan menerima dengan besar hati agar bisa mencari jalur masuk PTN lainnya.
Yang kita akan bahas adalah jika peserta sudah bisa login apa yang harus dilakukan selanjutnya, pertama kalian harus mempersiapkan data diri seperti Surat Keterangan Lulus atau SKHU kemudian KK, dan KTP, tidak lupa data lain juga disiapkan jadi apabila kita diminta untuk mengisi, silahkan di isi sesuai data. Berikut 


cara pendaftaran SNMPTN :
  1. Jika sudah login silahkan menyetujui pernyatan ceklist lalu tekan tombol "proses".
  2. Pilih menu Pendaftaran kemudian klik pada formulir pendaftaran pada form ini terdiri dari 3 bagian pilihan PTN besarta program studi/jurusan, unggah foto dan Formulir pendaftaran.
  3. Kita akan bahas satu persatu dari yang pertama Pilihan PTN terdiri dari masing-masing 2 pilihan PTN dan program studi yang berbeda.
  4. Untuk unggahan foto ukuran disesuaikan dengan aturan jangan sampai melebihi batas maksimal ukuran, foto resmi dan foto sendiri.
  5. Sementara untuk pengisian form pendaftaran terdiri dari Data siswa, Biaya pendidikan disekolah, Data orang tua/wali, pendidikan Katerangan Ketunaan bagi yang memiliki kekurangan secara fisik untuk yang normal bisa pilih tidak termasuk.
  6. Terakhir kompirmasi siswa atas data yang sudah diisi kemudian ceklist Selesai dan simpan.
Sampai dengan proses ini pengisian form sudah selesai namun ada beberapa data lanjutan yang harus kembali diisi untuk melengkapi semua data seperti berikut ini :

  • Mengisi data prestasi silhkan akses menu prestasi pada halaman yang sama kemudian tambahakan anda bisa menambahkan maksimal 3 pilih prestasi tertinggi yang pernah di raih selama sekolah.
  • Kemudian selanjutnya scan bukti sertifikat dan upload sesuai format yang ada pada halaman tersebut, jika sudah selesai silahkan klik simpan.
  • Bagi mereka yang memilih jurusan Seni dan Olahraga harus mengisi portopolio, biasanya berupa video yang memiliki batas ukuran, kalian bisa berkonsultasi dengan guru disekolah untuk membuat video tersebut kemudian diupload apabila sudah selesai simpan portopolio. Sementara untuk peserta selain program tersebut bisa langsung lanjut ke proses selanjutnya.
  • Selanjutnya yaitu bagi peserta bidik misi silahkan masukan PIN dan KAP pada kolom verifikasi Bidik misi sementara untuk yang peserta umum dilewatkan saja.
Terakhir akan muncul form finalisasi silahakn lakukan finalisasi apabila semua data sudah benar dengan mengklik Finalisasi pendaftaran, akan muncul review data, apabila sudah sampai diisi kalian bisa melihat kembali data pendaftaran namun tidak bisa melakukan edit apabila sudah dilakukan finalisasi.

Tahap selanjutnya tinggal menunggu jadwal cetak kartu SNMPTN, biasanya yang menjadi syarat adalah nomor UN atau UNBK, satu hari pertama bisa langsung cek jika sudah mengetahui nomor tersebut silahkan dicek, sampai dengan proses ini kalian tinggal login atau log out sesuai dengan yang dibutuhkan.

Peserta yang sudah melakuan cetak kartu SNMPTN tinggal menunggu pengumuman SNMPTN yang akan dilakanakan melalui situs resmi Pengumuman.SNMPTN.ac.id selamat mencoba harapan kami informasi yang kami berikan bisa membantu adik-adik kelas mendaftar SNMPTN, karena kebanyakan sekolah mengharuskan siswa melakukan pendaftaran sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel