Beasiswa UB

Beasiswa UB  - Sebelum kita membahas berkaitan dengan beasiswa ub, maka kita harus mengenal dulu bagaimana sejarah dan apa saja yang ada di kampus ub. Ub atau universitas barwijaya memang sudah ada sejak tahun 1963. Ub sendiri letaknya ada di malang, jawa timur. 

Untuk di ub sendiri sekarang sudah ada 25 fakultas, 1 pendidikan vokasi, 1 program pendidikan pascasarjana. Kalau ita memang berminat ke ub, memang akan ada banyak cara yang harus kita lakukan agar bisa masuk ke ub. Untuk masuk ke memang akan ada banyak cara yang kita lakukan. Kalau memang kita dari keluarga yang tidak mampu masih ada kesempatan bagi kita untuk masuk ke ub dengan adanya program bantuan dana beasiswa.


Pendaftaran Beasiswa UB


Untuk kita yang ingin daftar ke ub namun tidak mempunyai kondisi keuangan yang baik, ub sendiri memang sudah banyak mengeluarkan bantuan dana beasiswa ub yang bisa didapatkan baik itu oleh mahasiswa baru atau mahasiswa yang sudah lama kuliah di ub. Untuk beasiswa yang ada di ub memang tidak hanya didapatkan dari pihak ub saja, namun ada banyak jenis beasiswa yang lain yang ada di ub yang berasal dari pemerintah pusat atau daerah yang akan membantu kita untuk bisa kuliah di ub. 

Khusus Pendaftaran dan pembukaan penerimaan mahasiswa calon penerima dana beasiswa biasanya akan diumumkan secara online dan offline, jadi bagi kita yang ingin mendapatkan beasiswa harus mempunyai peran aktif dalam mendapatakn informasi berkaitan dengan dibukanya pendaftaran penerimaan mahasiswa penerima dana bantuan beasiswa.

Berdasarkan data beasiswa ub yang ada di website resmi ub, sudah ada banyak sekali jenis beasiswa yang bisa kita dapatkan di ub. Baik itu beasiswa yang berasal dari ub sendiri ataupun dari pihak pemerintah atau swasta yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa yang ada di ub. Untuk tahun 2015 saja sudah ada 59 jenis bantuan dana beasiswa yang ada di ub. 

Sudah ada ribuan mahasiswa ub yang berhasil untuk mendapatkan bantuan dana beasiswa. Untuk pihak ub sendiri memang sudah banyak mengeluarkan dana untuk keperluan bantuan dana beasiswa yang akan ditunjukkan kepada mahasiwa yang tidak mampu. Untuk setiap tahunnya ub memang akan mengeluarkan dana sebesar 60 miliyar lebih untuk dana bantuan khusus untuk bantuan dana beasiswa.

Untuk bantuan dana beasiswa ub memang tidak hanya akan kita dapatkan dari pihak dalam ub saja. Namun kalau kita tidak bisa mendapatkan beasiswa yang ada di pihak ub, masih ada jenis beasiswa lain yang ada di pemerintah atau swasta yang bisa kita jadikan modal untuk kuliah di ub. Untuk bantuan dana beasiswa swasta akan banyak jumlahnya dibandingkan dengan bantuan beasiswa yang ada dikemendkbud atau pemerintah. Berikut ini ada beberapa jenis bantuan dana beasiswa yang ada di pihak swasta yang bisa kita gunakan untuk kuliah di itb, diantaranya adalah :
  1. Beasiswa Djarum
  2. Beasiswa Pertamina
  3. Beasiswa bank indonesia
  4. Beasiswa supersemar
  5. Beasiswa semen gresik
  6. Beasiswa semen indonesia
  7. Beasiswa TNI
  8. Beasiswa BCA Finance
  9. Beasiswa angkasa pura
  10. Beasiswa ETOS
  11. Beasiswa pemkab bondowoso 

12. Beasiswa PPA dan BBM 

Bagi kalian yang sudah berkualiah di UB bisa mengajukan beasiswa BBM untuk mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi keluarga, sementara untuk yang berprestasi dapat mengajukan beasiswa PPA, untuk informasi lebih jelas silahkan akses link Beasiswa PPA dan BBM.


13. Beasiswa Ikatan Keluarga Brawijaya Sangatta (IKBS)

Persyaratan Wajib Pendaftar Beasiswa IKBS 
  • Terdaftar secara resmi sebagai mahasiswa/i Universitas Brawijaya dan Polinema yang sedang aktif
  • Memiliki KTM/Kartu Tanda Mahasiswa
  • Khusus ditujukan kepada mahasiswa Universitas Brawijaya yang UKT Golongan I/II/III
  • Khusus ditujukan kepada mahasiswa Polinema program regular
  • Merupakan mahasiswa aktif S1/D3/D4 terbuka untuk semua jurusan dan telah menempuh masa studi minimal 2 semester.
  • Berasal dari keluarga ekonomi lemah atau tidak mampu.
  • Saat melakukan pendaftaran tidak sedang menerima beasiswa lain baik dari instansi atau lembaga pemerintahan
  • Meraih IPK minimal 3,00 skala 4,00 bagi jurusan eksakta dan sosial

Dokumen Persyaratan Beasiswa IKBS
  • Mengisi formulir
  • Fotokopi KTP, KTM, dan Kartu Keluarga yang saat ini masih berlaku
  • Fotokopi KHS (semester 1 hingga terakhir) dan transkrip nilai terakhir, serta telah dilegalisir pejabat yang berwenang (jurusan/fakultas)
  • Fotokopi bukti pembayaran SPP atau UKT yang dibayarkan melalui bank
  • Surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan RT/RW atau Kelurahan setempat, dapat juga menyertakan slip gaji atau bukti penghasilan orang tua
  • Melampirkan surat pernyataan diatas selembar kertas yang isinya menyatakan : Merupakan mahasiswa/i yang sedang aktif kuliah, Pernyataan berasal dari keluarga tidak mampu adalah benar adanya, Berkomitmen akan selalu berkelakuan baik, Pernyataan saat ini tidak tengah menerima beasiswa lainnya.
  • total surat pernyataan tersebut adalah 4 lembar yang wajib dibubuhi materai dan ditandatangani. Jangan lupa untuk meletakkan tanda tangan Dekan atau Ketua Jurusan tempat pelamar mengeyam bangku perkuliahan
  • Melampirkan tulisan yang berisi tentang kehidupan pendaftar beasiswa yang dituangkan dalam bahasa Inggris dengan ketentuan sebagai berikut : Ukuran tulisan 12 dan spasi single, Font Times New Roman, Margin 2,5 cm dan kedua sisi kertas rata

Informasi Tambahan Pendaftaran Beasiswa IKBS

Beasiswa ini lebih mengutamakan mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki semangat tinggi dalam menggampai cita-citanya. Oleh sebab itu para pelamar beasiswa diwajibkan untuk melampirkan bukti prestasi akademik dan non-akademik. Dalam hal ini dapat dilampirkan bukti yang berupa sertifikat penghargaan atau surat.

Disamping itu, para pelamar yang kemungkinan besar menerima beasiswa adalah mahasiswa/i yang aktif dalam kegiatan internal kampus. Kegiatan kemahasiswaan internal yang dimaksudkan seperti terlibat aktif dalam organisasi internal atau mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan oleh kampus.


Tata Cara Pendaftaran Beasiswa IKBS
  1. Buka situs resmi Universitas Brawijaya yakni https://ub.ac.id/id/
  2. Biasanya pendaftaran beasiswa dibuka sekitar Agustus-September setiap tahunya
  3. Lihat pengumuman lengkap yang ada pada situs resmi tersebut dan baca denga teliti
  4. Download formulir pendaftaran online, pada link http://www.mediafire.com/file/6129t1b0vbz2951/form_applicant_beasiswa_IKBS.xlsx/file 
  5. Isi formulir pendaftaran online yang telah didownload tersebut secara lengkap dan benar
  6. Download format surat pernyataan yang dapat didownload dari link: http://www.mediafire.com/file/hfz25hqsglx85c3/surat_pernyataan_beasiswa_IKBS.docx/file
  7. Siapkan dokumen persyaratan yang perlu discan dan kirimkan kepada salah satu email berikut ini : nova.satriawan@kpc.co.id, murtiningsih@kpc.co.id, ibadi.zalfatirsa@kpc.co.id
  8. Pengiriman via email tersebut sangat membantu pendaftar beasiswa sehingga diketahui oleh tim seleksi dan ketua umum IKBS
  9. Bagi mahasiswa/i yang mendaftar beasiswa ini dan dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa maka akan dihubungi secara langsung dari IKBS melalui telepon dan email

Informasi Resmi Beasiswa IKBS Apabila ada pertanyaan mengenai beasiswa ini dapat menghubungi langsung Ketua Umum IKBS.

    Masih banyak jenis bantuan dana beasiswa lain yang ada di ub. Dengan banyaknya jenis beasiswa baik itu beasiswa ub sendiri dan juga beasiswa yang ada di swasta memang akan sangat membantu mahasiswa tidak mampu untuk tetap kuliah di ub. Kalau kita bisa mendapatkan satu saja bantuan dana beasiswa, maka kita bisa sekolah di ub.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel