Beasiswa Kemenag

Beasiswa Kemenag - Untuk bantuan dana beasiswa kemenag memang hanya akan diberikan kepada calon penerima bantuan dana beasiswa yang akan melanjutkan sekolah S3. Kalau kita masih bingung dengan biaya kuliah kita, maka kita bisa mendaftar sebagai calon penerima bantuan dana beasiswa ini. 

Untuk bantuan dana beasiswa ini merupakan program bantuan dana beasiswa  yang diberikan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam yang akan memberikan bantuan dana beasiswa melalui terobosan untuk mewujukan beberapa sekolah atau perguruan tinggi islam yang mempunyai dosen berkualitas. Dengan menggunakan bantuan dana beasiswa ini, maka dosen yang masih S2 bisa melanjutkan studinya ke S3 tanpa memikirkan biaya kuliah karena semuanya akan ditanggung oleh bantuan dana beasiswa ini.

Pendaftaran Beasiswa


Tujuan dari diberikannya bantuan dana beasiswa kemenag kepada dosen di perguruan tinggi islam adalah untuk meningkatkan keprofesionalitasan, mutu dan juga kulaitas dosen melalui sekolah S3 yang dibiayai oleh bantuan dana beasiswa ini. Nantinya penerima bantuan dana beasiswa ini akan diberikan waktu untuk sekolah S3 selama 3 tahu menggunakan bantuan dana beasiswa ini. 

Untuk sumber dana bantuan dana beasiswa ini berasal dari APBN yang ada di Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Jadi dijamin dengan adanya bantuan dana beasiswa yang diberikan kemenag, maka akan ada banyak dosen penerima bantuan dana beasiswa yang mampu bersaing dengan universitas negeri lainnya.

Selain akan memberikan bantuan dana beasiswa kemenag untuk dosen yang akan memulai studi S3, untuk bantuan dana beasiswa juga akan bisa digunakan kepada dosen yang sedang akan menyelesaikan S2 atau S3 yang telah kuliah menggunakan uang sendiri atau menggunakan bantuan dana beasiswa lain tapi sudah habis masa bantuan dana beasiswanya. 

Untuk mendapatkan bantuan dana beasiswa ini, maka memang dosen yang sudah kuliah tersebut harus telah habis masa bantuan dana beasiswanya dan juga sedang tidak menerima bantuan dana beasiswa yang lainnya. Kalau persyaratan ini terpenuhi, maka dosen yang telah menempuh kuliah tersebut bisa dan mempunyai kesempatan untuk menerima bantuan dana beasiswa ini.

Ada beberapa keuntungan bagi dosen yang menerima bantuan dana beasiswa kemenag ini. Untuk bantuan dana beasiswa ini memang akan diberikan kepada penerima bantuan dana beasiswa selama 3 tahun atau 6 semester secara penuh. Untuk rincian bantuan dana beasiswa yang akan diberikan kepada penerima bantuan dana beasiswa ini diantaranya adalah uang masuk kuliah, biaya untuk SPP, biaya hidup selama kuliah, biaya untuk membeli buku dan juga bahan referensi, dan bantuan biaya riset yang akan dilakukan penerima bantuan dana beasiswa ini. 

Untuk bantuan dana beasiswa ini hanya akan diberikan kepada penerima bantuan dana beasiswa satu kali saja. Jadi tidak akan ada perpanjangan atau pemberian bantuan dana beasiswa untuk kedua kalinya. Sebelum kita akan mendaftar sebagai calon penerima bantuan dana beasiswa kemenag, ada baiknya kita menyimak syarat yang harus kita penuhi untuk mendapatkan bantuan dana beasiswa dari kemenag ini. 

Karena berkas yang akan kita gunakan untuk mendaftar bantuan dana beasiswa ini sangat banyak, maka kita harus menyicil berkas pendaftaran bantuan dana beasiswa ini mulai dari sekarang. Yang paling penting dan harus dipenuhi oleh calon penerima bantuan dana beasiswa ini adalah memiliki NIDN sebagai bukti bahwa penerima bantuan dana beasiswa merupakan dosen di perguruan tinggi islam di Indonesia yang berada dibawah naungan Kementerian Agama.


Beasiswa Tahunan Kementerian Agama

Beasiswa Kementerian Agama Mora Scholarship

Ketentuan Umum Pelamar Beasiswa
  1. Merupakan Dosen tetap yang telah diangkat sebagai PNS Kementerian Agama serta mengemban tugas sebagai : a. PTKI Negeri atau Swasta, b. PTKI Swasta (DPK)
  2. Merupakan Dosen tetap (Non-PNS Kementerian Agama) lingkup tugasnya: a. PTKI Negeri (minimal 2 tahun masa kerja), b. PTU Fakultas Agama Islam
  3. Merupakan dosen tetap PNS dan/atau Non-PNS Pendidikan Agama Islam dan dengan perjanjian kerja
  4. Tenaga pendidik PTKI dan PNS dengan Tingkat Eselon I terdaftar pada Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Persyaratan Umum Pelamar Beasiswa 
  • Bergelar Magister (S2) dari program studi terakreditasi oleh BAN-PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau status yang telah disetarakan (khusus perguruan tinggi dalam negeri)
  • Bidang studi yang dipilihh sesuai dengan pengembangan program studi pada institusi bersangkutan
  • Menyatakan diri bersedia menandatangani kontrak beasiswa
  • Usia maksimum 47 tahun (pada tanggal pengajuan berkas)
  • Telah registrasi online di laman scholarship.kemenag.go.id

Persyaratan Khusus Program Studi S3 Dalam Negeri 
  1. Surat Permohonan mengikuti program 5000 Doktor  (ditujukan kepada Dirjen Pendidikan Islam, cq. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam)
  2. Surat Pengantar dari Rektor/Ketua Perguruan Tinggi/Pimpinan instansi tempat bertugas
  3. Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
  4. Fotokopi SK terakhir dan SK pertama yang disahkan dari lembaga;
  5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang berlaku saat ini;
  6. Fotokopi ijazah dan transkip nilai Jenjang S1 dan S2 telah dilegalisir IPK pendidikan terakhir minimal 3,00 dari skala 4,00
  7. Fotokopi sertifikat sebagai pendidik dosen (jika sudah lulus sertifikasi)
  8. Mencantumkan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), bagi dosen PTKIN atau PTKIS mencantumkan Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK)
  9. Surat Rekomendasi Dirjen Pendidikan Islam
  10. Melampirkan Surat pernyataan bahwa tidak sedang menerima beasiswa maupun bantuan dari Kementerian Agama atau instansi lainnya
  11. Pernyataan bersedia kembali mengabdi dan bertugas pada perguruan tinggi pengirim
  12. Pernyataan kesediaan pindah tugas ke lembaga pendidikan tinggi yang berada pada wewenang Kementerian Agama (khusus untuk dosen atau PNS yang berasal dari kementerian lain)
  13. Mengajukan Rencana Proposal Disertasi (sebanyak maksimal 5 halaman)

Keunggulan Beasiswa Kementerian Agama RI
  • Beasiswa Program 5000 Doktor tersebut yang dibuka oleh Kemenag adalah beasiswa penuh.
  • Durasi penerima beasiswa diberikan sampai 6 semester yang dapat diperpanjang selama 2 semester.
  • Beasiswa S3 Program 5000 Doktor dari Kemenag mencakup biaya studi di dalam negeri, yakni; biaya pendidikan selama menempuh pendidikan atau SPP
  • biaya ujian hingga biaya ujian akhir, dan biaya lain didasarkan pada SK Rektor yang dikeluarkan di tempat studi
  • para penerima beasiswa juga berhak memperoleh biaya atau tunjangan mahasiswa yang meliputi biaya pendaftaran, biaya hidup atau biaya operasional, uang buku atau referensi, dan biaya riset.

Tata Cara Pendaftaran Online:
  1. Pendaftara Beasiswa Kemenag Tahun 2019-2020 untuk Program 5000 Doktor pendaftaran awalnya dilakukan secara online pada laman resmi kemenag yaitu scholarship.kemenag.go.id 
  2. Buka situs tersebut dan baca panduan lebih lanjut perihal pendaftaran Beasiswa S3 Dalam Negeri Kemenag sebelum melakukan pendaftaran
  3. Klik salah satu ikon ‘Dalam Negeri’ pada laman awal dari situs scholarship.kemenag.go.id
  4. Buat akun terlebih dahulu pada laman “Sign up” dan jangan lupa untuk menverifikasi email
  5. Setelah akun terdaftar, unduh lebih dahulu format dan contoh formulir pada laman tersebut dan lengkapi
  6. Unggah dokumen aplikasi pada laman tersebut sesuai dengan yang tertera pada persyaratan khusus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel