Beasiswa DAAD

Beasiswa Daad - Untuk kita yang masih bingung menentukan bantuan dana beasiswa yang akan kita gunakan, sekarang sudah ada banyak pilihan bantuan dana beasiswa daad yang bisa kita gunakan untuk melanjutkan kuliah. Selain akan terbuka bagi penerima bantuan dana beasiswa dari kalangan yang akan melanjutkan S2, penerima bantuan dana beasiswa juga akan terbuka untuk Scholarships for Development- Related Postgraduate Coures (Epos). 

Untuk mendapatkan bantuan dana beasiswa ini terutama dari kalangan Epos, akan ada persyaratan khusus untuk penerima bantuan dana beasiswa ini. Calon penerima bantuan dana beasiswa dari Epos harus mempunyai pengalaman kerja selama minimal 2 tahun dan sudah merupakan profesional di negara yang sedang berkembang. Penerima bantuan dana beasiswa ini bisa dari kalangan pemerintah, BUMN atau perusahaan swasta.

Pendaftaran Beasiswa DAAD

Untuk penerima bantuan dana beasiswa daad akan diberikan kesempatan untuk kuliah S2 selama 12-24 bulan dan juga kesempatan untuk sekolah S3 selama 36- 42 bulan. Penerima bantuan dana beasiswa ini nantinya juga akan diberikan kesempatan untuk kuliah di salah satu universitas yang ada di Jerman. Untuk jenis bantuan dana beasiswa yang akan diberikan kepada penerima bantuan dana beasiswa bisa jadi bantuan dana beasiswa secara penuh atau bantuan dana beasiswa secara parsial. 

Untuk jenis bantuan dana beasiswa yang akan diberikan sangat tergantung kepada kebutuhan program studi yang dipilih penerima bantuan dana beasiswa ini. Untuk bantuan dana beasiswa daad sendiri merupakan bantuan dana beasiswa yang diberikan khusus dari Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi Dan Pembangunan Jerman. 

Yang paling menarik dari bantuan dana beasiswa ini adalah meskipun peserta penerima bantuan dana beasiswa sudah kuliah dengan biaya sendiri atau dengan bantuan dana beasiswa lainnya, tetap saja akan diberikan kesempatan untuk mendaftar menjadi penerima bantuan dana beasiswa ini. Untuk beberapa program studi yang bisa kita pilih kalau kita mendapatkan bantuan dana beasiswa ini, diantaranya adalah :
  1. Economic sciences/ business administration/ political economics.
  2. Development co-operataion.
  3. Engineering and related science.
  4. Mathemathics.
  5. Regional planning.
  6. Agriculture and forest sciences.
  7. Enviromental sciences.
  8. Medicine and public health.
  9. Social and political science.
  10. Education law
  11. Media studies.

Kalau kita tertarik dengan program studi yang ada di bantuan dana beasiswa daad ini, kita bisa langsung melengkapi persyaratan untuk mendaftar bantuan dana beasiswa ini. Untuk syarat penerima bantuan dana beasiswa dari daad diantaranya adalah :
  1. Penerima bantuan dana beasiswa bekerja di instansi pemerintah, perusahaan negara atau perusahaan swasta yang sedang berkembang.
  2. Penerima bantuan dana beasiswa telah mempunyai gelar sarja yang terkait dengan program studi yang ditawarkan bantuan dana beasiswa ini.
  3. Telah selesai kuliah S1 dan mempunyai pengalaman bekerja selama kurang lebih 2 tahun.
  4. Gelar sarjana yang telah diambil diselesaikan tidak lebih dari 6 tahun.
  5. Bisa menggunakan bahasa jerman dan juga bahasa inggris.

Untuk pendaftaran penerima bantuan dana beasiswa daad tahun ini sudah dibuka. Kalau kita tertarik dengan bantuan dana beasiswa ini, kita bisa langsung mendaftar di website resmi daad. Untuk pendaftaran bantuan dana beasiswa ini akan dilakukan secara online. Untuk deadline pendaftaran bantuan dana beasiswa biasanya akan dilakukan pada bulan desember. Nantinya untuk penerima bantuan dana beasiswa yang akan diterima biasanya akan dipertimbankan langsung dari pihak universitas pilihan calon penerima bantuan dana beasiswa ini.


Beasiswa DAAD EPOS

Persyaratan Pelamar Beasiswa DAAD EPOS
  • Pengalaman kerja di otoritas publik atau pemerintahan, perusahaan negara, dan perusahaan swasta negara berkembang
  • Bergelar sarjana Strata 1 yang berhubungan dengan bidang terkait
  • IPK di atas rata-rata >3.00 dari skala 4.00 dan berpengalaman kerja profesional minimal selama 2 tahun dibidang terkait
  • Gelar sarjana Strata 1 yang diraih tidak melebihi enam tahun.
  • Perkuliahan dengan pengantar bahasa Jerman wajib mengikuti TestDaF 4 atau DSH 2 level minimum A2
  • Perkuliahan dengan pengantar bahasa Inggris wajib memenuhi skor IELTS Band 6.0/TOEFL PBT 550/CBT 213/IBT 80

Dokumen Aplikasi Beasiswa DAAD EPOS
  1. Mengunduh form aplikasi DAAD
  2. CV berbentuk formulir Europass dan telah ditandatangani  
  3. Motivation Letter yang ditandatangani (berkaitan dengan pekerjaan saat ini)
  4. Letter of Recommendation dari universitas dan ditandatangani serta dicap resmi yang basah(tidak perlu dimasukkan dalam amplop)
  5. Letter of Recommendation dari tempat kerja atau atasan dan ditandatangani serta dicap resmi basah(tidak perlu dimasukkan dalam amplop)
  6. Surat pengalaman kerja yang dikeluarkan oleh atasan dan apabila memungkinkan jaminan untuk bekerja kembali setelah menempuh studi di German
  7. Sertifikat IELTS atau TOEFL bagi pengantar perkuliahan berbahasa Inggris
  8. Sertifikat DSH atau TestDaF bagi pengantar perkuliahan berbahasa Jerman.
  9. Salinan ijazah gelar akademik dan transkip nilai Strata 1
  10. Salinan ijazah SLTA/SMA/MA/sederajat

Area Studi Yang Relevan dengan Beasiswa DAAD EPOS
  • Agriculture and Forest Sciences
  • Economic Sciences / Business Administration / Political Economics
  • Engineering and Related Sciences
  • Development Cooperation
  • Mathematics
  • Medicine and Public Health
  • Media Studies
  • Natural and Environtmental Sciences
  • Regional and Urban Planning
  • Social Sciences, Education and Law

Keunggulan Beasiswa DAAD EPOS

Program beasiswa ini tiap tahun membuka peluang bagi warga negara Indonesia untuk berkuliah gratis di Jerman. EPOS atau Scholarships for Development-Related Postgraduate Courses. Beasiswa EPOS dikhususkan untuk jenjang studi S2/Master’s Degree berdurasi 12 hingga 24 bulan. Sementara itu untuk jenjang studi S3 berdurasi 36 bulan pada universitas atau institusi pendidikan Jerman.

Sumber pendanaan Beasiswa DAAD EPOS berasal dari BMZ atau Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman. Keunggulan beasiswa ini adalah para pelamar yang telah menerima pendanaan dari lembaga/instansi maupun pihak ketiga lain dapat mendaftarkan diri.

Nominal pendanaan yang akan diperoleh penerima beasiswa adalah 8050 Euro (per bulan) untuk program Master’s Degree. Sedangkan, untuk program Postgraduated (PhD) pendanaan yang diterima sebesar 1.200 Euro (per bulan). Beasiswa yang diterima termasuk asuransi kesehatan dan kecelakaan.

Beasiswa  DAAD EPOS tidak menanggung biaya perjalanan dari negara asal. Bagi pelamar beasiswa yang mengambil pilihan studi dengan pengantar bahasa Jerman disediakan juga program beasiswa kursus bahasa Jerman durasi 6 bulan. Program beasiswa ini tidak diperkenankan bagi yang sedang mengikuti perkuliahan di Jerman.


Tata Cara Pendaftaran Beasiswa DAAD EPOS

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendaftar program beasiswa DAAD, sebagai berikut:

1. Memilih Program atau Bidang Yang Paling Diminati

Pelamar beasiswa disarankan terlebih dahulu memilih program atau bidang yang paling diminati, selain itu disesuaikan dengan kemampuan. Pilih program studi yang sesuai pendidikan terakhir yang telah ditempuh maupun bidang pekerjaan. Beasiswa DAAD tersebut biasanya akan dibuka setiap tahun pada bulan Juli-Desember.


2. Memahami Program Beasiswa DAAD

Calon pelamar beasiswa akan lebih baik dapat mempelajari seluk-beluk program beasiswa DAAD tersebut secara lengkap dan mendetail. Tujuannya sebagai persiapan jika lolos nanti akan ada sesi wawancara langsung dengan universitas di Jerman yang telah dipilih. Panduan lengkap mengenai beasiswa tersebut dapat didownload pada website http://www.daadjkt.org/index.php?scholarships


3. Pendaftaran Online Beasiswa

Proses pendaftaran online Beasiswa DAAD dilakukan melalui situs http://www.daadjkt.org/index.php?scholarships dan diikuti tahap pendaftara berikut :
  • Diawali dengan pendaftaran akun dan verifikasi pada laman tersebut.
  • Selanjutnya pendaftaran administrasi ini isi data diri yang diminta pada laman resmi tersebut.
  • Kemudian download beberapa dokumen persyaratan seperti Formulir Pendaftaran, Letter of Motivation, CV Template Europass dan lain-lain, setelah diisi upload kembali.

4. Mengirim dokumen lengkap dan rangkap.

Setelah mengisi aplikasi online para pelamar beasiswa diwajibkan untuk mengirim hard copy ke alamat universitas yang dituju. Dokumen-dokumen persyaratan tersebut dirangkap dua dan tidak boleh di staples, cukup diklip saja. Disarankan untuk mengirimkan dokumen tersebut tidak dekat dengan hari dimana deadline berakhir.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel