Pendaftaran REKRUTMEN TNI AD/AL/AU Sampai Pantukhir

Pendaftaran REKRUTMEN TNI AD/AL/AU Sampai Pengumuman Pantukhir - Halo teman-teman sebangsa dan setanah air, NKRI Harga Mati itulah semboyan TNI dalam menjaga kedaulatan negara, tugas para prajurit TNI adalah menjaga keamanan dan keutuhan bangsa sebagai salah satu ujung tombak negara TNI meningkatkan kwalitas pertahanan agar Indonesia tidak dipandang sebelah mata oleh negara lain.

Konflik perbatasan sampai dengan bertugas sebagai pasukan pedamaian menjadi salah satu agenda para prajurit TNI, meski tidak ada perang, tugas TNI tidak akan berkurang. Lantas mengapa keinginan seseorang untuk menjadi prajurit TNI sangat tinggi jika dibandingkan dengan menjadi abdi negara lainnya.



Padahal tugas TNI sangat banyak dan bahkan jika suatu saat nanti lulus harus siap ditempatkan dimana saja termasuk di daerah perbatasan atau dikirim ke luar negeri, atau mungkin berbulan-bulan mengamankan daerah perairan Indonesia. Jawabannya adalah TNI adalah kekuatan militer Negera tugas TNI tidak bersentuhan langsung dengan warga sipil.

Sehingga tidak ada masalah yang membuat wibawa TNI turun, dengan alasan wibawa dan selalu di hargai masyarat, belum lagi pelibatan TNI dalam hal bencana dan lainnya. Mungkin atas dasar itulah setiap tahun rekrutmen TNI selalu tinggi peminat, selain itu jaminan hidup sejahtera menjadi salah satu tujuan pelajar Indonesia untuk menjadi TNI.

Itu beberapa ulasan mengapa kita memilih Rekrutmen TNI dan menjadikan rekrutmen selain TNI nomor dua. Dalam kesempatan kali ini admin akan memberikan beberapa ulasan mengenai Mekanisme atau Prosedur Pendaftaran Rekrutmen TNI sampai dengan Pengumuman Pantukhir, kami sudah meringkas secara rinci mengenai proses tersebut.

Pendaftaran Rekrutmen TNI dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap pertama dilaksanakan secara online kemudian peserta tidak perlu bingung mencari informasi persyaratan karena pada saat mendaftar dan cetak formulir akan terlampir beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh para peserta langsung bersamaan dengan form atau bukti pendaftaran online.

Setelah melakukan pendaftaran online para peserta harus melakukan pendaftaran ulang dimana kita menyebutknya pendaftaran tahap dua dengan datang langsung membawa persyaratan untuk menyerahkan berkas tersebut ke Markas TNI sesuai yang dipilih, Jenis Rekrutmen juga akan menentukan setiap prosedur pendaftaran dan memiliki perbedaan dari setiap jenis rekrumen.

Sebut saja seperti Taruna/i akan sedikit berbeda dengan Bintara dan Tamtama, Calon peserta hanya boleh mengikuti salah satu dari jenis rekrutmen yang tersedia, apabila tidak lulus dan ingin mengikuti jenis rekrutmen yang lain masih bisa ikut di gelombang berikutnya karena TNI membuka beberapa gelombang dari awal tahun hingga menjelang akhir tahun. Berikut Informasi lengkap :



Rekrutmen MABES TNI

  1. Silahkan kunjungi situs http://rekrutmen-tni.mil.id/berita/pengumuman/pa-pk
  2. Calon peserta mengikuti PA PK Tenaga Kesehatan dan Umum.
  3. Prosuder pendaftaran dilaksanakan sesuai yang tertera pada situs resmi.
  4. Jika situs tidak bisa dibuka berarti belum ada pembukaan lagi. 
  5. Silahkan melakukan pendaftaran secara online.
  6. Isi data diri pembuatan akun.
  7. Pengisian Biodata lengkap.
  8. Isi formulir sampai dengan selesai.
  9. Apabila sudah selesai silahkan melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan intruksi yang diberikan pada saat mendaftar online dengan membawa persyaratan.
  10. Persiapkan diri dan ikuti tes sampai dengan selesai.


Rekrutmen TNI AD

  1. Pendaftaran Rekrutmen TNI AD pada tahap awal akan dilaksanakan secara online melalui situs resmi http://ad.rekrutmen-tni.mil.id.
  2. Calon peserta diwajibkan memilih jenis rekrutmen TNI AD yang tersedia seperti Taruna/i, Bintara, atau Tamtama.
  3. Proses selanjutnya adalah klik "Daftar Registrasi" pada bagian bawah kolom login.
  4. Silahkan isi "Nama lengkap", "Tempat Tanggal Lahir", NIK dan Nomor KTP, "Jenis Kelamin", "Email" Silah klik "Daftar" jika sudah benar.
  5. Proses selanjutnya isi semua data yang ada di situs pendaftaran dengan benar sesuai identitas diri anda.
  6. Cetak dan print out bukti pendaftaran.
  7. Datang ke Adjen/Rem Markas TNI AD terdekat dan membawa kelengkapan persyaratan untuk melakukan pendaftaran ulang.
  8. Ikuti semua prosedur pendaftaran sampai selesai dan persiapkan diri untuk mengikuti serangkain tes yang sudah ditentukan.
  9. Semua Proses Rekrutmen TNI AD tidak dipungut biaya apapun alias gratis.
  10. Bagi peserta yang belum memahami prosedur Rekrutmen TNI AD online dapat langsung datang ke lokasi pendaftaran ulang untuk menanyakan proses pendaftarannya.

Rekrutmen TNI AL

  1. Jika ingin mengikuti Rekrutmen TNI AL daftar online terlebih dahulu melalui situs resmi http://al.rekrutmen-tni.mil.id
  2. Pada bagian bawah login Anda Belum terdaftar ? silahkan klik http://al.rekrutmen-tni.mil.id/aal/registrasi.html.
  3. Isi Nama, Pendidikan, Tempat Tanggal Lahir, Nomor KTP dan Email, silahkan klik daftar.
  4. Isi semua biodata diri yang ada pada situs tersebut sampai dengan selesai.
  5. Pendaftaran ulang dilaksanakan secara fisik ke tempat yang sudah ditetapkan dengan mencetak formulir pendaftaran, dokumen asli akta kelahiran, KTP, KTP Wali/Orang tua, KK, SKHU dan IJasah SD SMP SMA Sederajat, Setiap dokumen di foto copy satu lembar, pas foto tidak berwarna atau hitam putih ukuran 4x6 tida lembar di masukan map warna sesuai jenis rekrutmen yang dipilih biasanya warna kuning. 
  6. Pada saat datang menggunakan kemeja putih dan celana dasar hitam.

Rekrutmen TNI AU

  1. Silahkan Buat akun baru di situs https://diajurit.tni-au.mil.id/register masukan, nama lengkap, jenis kelamin, jenjang, email, tanggal lahir, dan lanud tujuan. 
  2. Melanjutkan Login melalui link https://diajurit.tni-au.mil.id/login_auth menggunakan username dan password yang sudah diverifikasi melalui email anda. 
  3. Lengkapi Biodata seperti data pribadi, data pendidikan, data orang tua, dan data penghargaan. 
  4. Cetak Kartu Pendaftaran Online silahkan donwload bukti pendaftaran online. 
  5. Daftar ulang ke lanut tujuan dengan membawa persayaratan yang tertera pada saat mendaftar online sebelumnya. 
  6. Proses pendaftaran selesai tinggal mengikuti tes. 

Pengujian/Pemeriksaan Tingkat Daerah. 

  • Pemeriksaan Kesehatan Umum,Rontgen Dan Laborat,Darah(HBSAG,UDRL,HCV,HIV);Urin 
  • Pemeriksaan Psikologi  
  • Pemeriksaan Mental Idiologi  
  • Uji Kesamaptaan Jasmani  
  • Pemeriksaan Administrasi  
  • Pantukhir Daerah    

Pengujian/Pemeriksaan Tingkat Pusat. 
  • Pemeriksaan Kesehatan  
  • Test Akademik  
  • Pemeriksaan Kesehatan Jiwa  
  • Uji Kesamaptaan Jasmani  
  • Pemeriksaan Jasmani  
  • Pemeriksaan Psikologi  
  • Pemeriksaan Administrasi  
  • Pantukhir Pusat


Pengumuman Pantukhir Rekrutmen TNI.

Proses pengumuman TNI secara keseluruhan baik Mabes, AD, AL, AU dilaksanakan secara terbuka, karena sistemnya menggunakan sistem gugur jadi setelah tes dan beberapa jam atau beberapa hari kemudian bisa langsung dilihat, jika dari satu tes lulus maka bisa lanjut tes berikutnya sementara bagi namanya yang tidak ada di papan pengumuman tidak bisa melanjutkan tes atau gagal. Proses pengumuman di tempel di papan pengumuman di markas besar TNI tempat anda tes sampai dengan Pantukhir.


Demikianlah informasi yang bisa diberikan semoga bermanfaat jangan lupa untuk terus update informasi terkait dengan rekrutmen TNI semoga bisa bermanfaat, karena sewaktu-waktu pendaftaran dapat berubah-ubah, secara umum proses pendaftaran TNI seperti yang dijelaskan, tidak perlu bingung mengenai persyaratan karena akan terlampir setelah proses pendaftaran online dilaksanakan.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel