Tata Cara Pendaftaran Bidik Misi Hingga Pengumuman

Tata Cara Pendaftaran Bidik Misi Hingga Pengumuman Akhir - Beasiswa Bidik Misi adalah salah satu beasiswa andalan pemerintah ditujukan bagi lulusan SMA sederajat tahun ini atau satu tahun sebelumnya, dengan keadaan ekonomi keluarga kurang mampu (Miskin) sebagai contoh penerima Kartu Indonesia Pintar dan mereka non peneriman KIP juga bisa. Diharapkan dengan Bidik Misi pemerintah bisa membantu anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki potensi akademik yang cukup baik agar bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Jika terdapat Siswa/i A orang tuanya memiliki penghasilan sekitar 750 rb setiap orang tua atau penghasilan gabungan kotor sebesar 4 juta, ternyata selama sekolah SMA anak mereka memiliki catatan akademik cukup baik, masuk dalam rangking umum disekolah, namun untuk tidak ada biaya untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, nah dari sini pemerintah akan membantu anak tersebut melalui sekolah.



Lewat rekomendasi sekolah pendaftaran beasiswa bidik misi bisa dilakukan, selain itu bagi pemegang KIP (Kartu Indonesia Pintar) dapat langsung mendaftar secara pribadi tanpa harus menunggu rekomendasi sekolah. Melalui bidik misi ini juga akan dilakukan verifikasi ketat ketika sudah lulus apakah memang benar siswa/i yang bersangkutan layak atau tidak.

Jika pada proses pendaftaran sampai dengan kelulusan ada unsur penyahgunaan data, seperti memanipulasi data yang ada agar seolah-olah layak menerima Beasiswa Bidik Misi padahal secara ekonomi mampu maka sangsi pembatalan kelulusan sampai dengan siswa/i bersangkutan akan dikenakan denda pengembalian dana yang sudah diterima.

Ada juga permasalahan seperti mereka Penerima KIP yang saat ini ekonominya sudah cukup baik ? apakah bisa mendapatkan beasiswa atau tidak, sebagai contoh jika beberapa tahun yang lalu saat sekolah siswa/i A menerima bantuan KIP karena kondisi ekonomi keluarga kurang mampu, dibuktikan juga dengan bangunan rumah yang masih belum permanen.

Setelah sekian lama ternyata keluarga tersebut mendapatkan rejeki, atau memaksa untuk ambil bank agar bisa memperbaiki rumah menjadi permanen dan layak ditempati, apakah tetap bisa mengikuti program pendaftaran Bidik Misi ? jawabnya adalah Bisa, asalkan memenuhi persyaratan penghasilan yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara beasiswa bidik misi.

Karena Tempat tinggal bukan menjadi satu-satu indikator kelayakan penerima bidik misi tetapi salah satu persyaratan, jadi jangan heran jika kita masih banyak melihat salah seorang mahasiswa penerima beasiswa bidik misi, jika dilihat secara tampilan tempat tinggal sudah layak namun masih menrima beasiswa bidik misi. 

Tetapi sekali lagi yang menentukan kelayakan verikasi penerima beasiswa bidik misi adalah Ditjen belmawa Ristekdikti bersama dengan perguruan tinggi penyelenggara beasiswa bidik kita hanya bisa mengikuti prosedur hingga selesai. Bagi peserta penerima KIP ataupun Non penerima KIP dapat mengikuti prosedur pendafaran seperti dibawah ini, adapun fasilitas yang akan diterima bagi yang lulus bidik misi sebagai berikut :

Apa saja fasilitas bagi penerima beasiswa bidik misi jika sudah dinyatakan lulus, ada beberapa keuntungan penerima beasiswa bidik misi dapat dilihat seperti dibawah ini :

  1. Tidak akan dikenakan biaya pendaftaran seleksi seperti SBMPTN dan berlaku untuk seleksi lain.
  2. Biaya pergantian kedatangan bertama bagi penerima beasiswa bidik misi.
  3. Bebas biaya pendidikan (UKT) Perguruan Tinggi.
  4. Tambahan biaya hidup selema satu bulan sebesar 700 rb perbulan.

Persyaratan 

  1. Peserta yang bisa mengikuti Bidik Misi adalah siswa/i lulusan tahun ini atau 1 tahun yang lalu SMA/SMK/MA sederajat.
  2. Berprestasi secara akademik selama sekolah namun memiliki keterbatasan secara ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
  3. Peserta yang ingin mendaftar adalah pemegang Kartu Indonesia Pintar.
  4. Bagi peserta Non KIP tetap bisa mendaftar melalui sekolah.
  5. Orang tua berpenghasilan pendapatan kotor gabungan 4 juta, atau 750 rb per orang.
  6. Calon penerima bidik misi harus mendaftar dengan memasukan NPSN dan NISN Valid.

Jangka Waktu Beasiswa

  • Jenjang D1 Max 2 Semeseter
  • Jenjang D2 Max 4 Semester
  • Jenjang D3 Max 6 Semester
  • Jenjang DIV/Sarjana Max 8 Semester

Program Profesi
  • Dokter Max 4 Semester
  • Dokter Gigi  Max 4 Semster
  • Dokter Hewan 4 Semester
  • Ners Max 2 Semester
  • Apoteker Max 2 Semester
  • Guru Max 2 Semester

Jalur Seleksi Beasiswa Bidik Misi

Perguruan Tinggi Negeri

Seleksi Perguruan Tinggi Negeri saat ini diatur oleh lembaga Tes Masuk perguruan tinggi negeri dimana peserta harus melalui dua kali tes, tes yang pertama akan ditentukan oleh LTMPT. Jika SNMPTN sistem seleksi melalui verifikasi nilai rapot, jika siswa/i dinyatakan lulus bisa mendaftar SNMPTN hanya saja dilakukan non tertulis kita tinggal menggu hasil jika lulus bisa daftar namun jika tidak berarti terhenti sampai disana.
Sementara untuk SBMPTN akan ditentukan melalui Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dimana nilai yang diperoleh menjadi syarat wajib untuk bisa mendaftar SBMPTN. Terdapat dua gelombang tes 1 dan 2 peserta bisa mengikuti keduanya dan mengambil nilai tertinggi untuk mengikuti SBMPTN salah satu pertimbangan kelulusan adalah Nilai UTBK. Setelah memiliki nilai tersebut baru peserta bisa mendaftar SBMPTN. Bagi peserta Bidik Misi tidak akan dikenakan biaya pendaftaran.

  • SNMPTN (snmptn.ac.id)
  • SBMPTN (sbmptn.ac.id)


Politeknik Negeri  

Jika anda ingin mendaftar Beasiswa Bidik Misi dan mengambil program Diploma salah satu caranya adalah mengikuti seleksi masuk Politeknik Negeri seperti PMDK PN melalui jalur undangan, UMPN dan Mandiri melalui jalur tertulis kalian dapat memilih salah satu dari sekian banyak jalur masuk yang tersedia dan tidak akan dikenakan beban biaya tambahan.
  • PMDK PN (pmdk.politeknik.or.id)
  • UMPN (Langsung Mengunjungi Situs UMPN Masing-Masing Politeknik Negeri)
  • Mandiri (Silahkan Cek Situs resmi Politeknik Negeri).


Perguruan Tinggi Swasta

Tidak hanya negeri untuk seleksi Bidik Misi pemerintah menyediakan kuota untuk swasta agar bisa mengikuti Bidik Misi hanya saja tidak semua PTS, untuk mencoba mendaftar kalian tinggal ikuti sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Prosedur pendaftaran beasiswa Bidik Misinya tetap sama tetapi pemilihan tes saja yang membedakan.

  • Mandiri PTS (Silahkan langsung buka situs PTS yang kalian tuju dan cek apakah sebagai salah satu penyelenggara beasiswa bidik misi.


Tahapan Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi

Pendaftaran Bidik Misi Pribadi
  1. Bagi siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) bisa langsung mendaftar melalui situs resmi https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  2. Memberikan nomor pendaftaran dan kode akses sekolah.
  3. Isi Semua data yang pada saat mendaftar.
  4. Jika sudah selesi dilanjutkan, mendaftaran melalui situs resmi jalur seleksi yang akan dipilih.
  5. Bagi peserta Bidik Misi harus melakukan verifikasi password yang sudah disingkronisasi dan dikirim kesekolah pada saat mendaftar salah satu jalur seleksi.
  6. Setelah semua selesai peserta bisa mengikuti tes sesuai jalur seleksi yang dipilih.
  7. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Bidik Misi harus mengikuti verifikasi kelakayakn dengan mempertimbangkan dokumen pendukung.

Pendaftaran Rekomendasi Sekolah
  1. Bagi peserta bukan pemegang KIP bisa mendaftar namun harus melalui rekomendasi sekolah jika tidak mendapatkan rekomendasi sekolah artinya tidak bisa mendaftar Beasiswa Bidik Misi.
  2. Untuk sekolah yang sudah memiliki kode akses dapat langsung melakukan proses pendaftaran siswa/i.
  3. Sementara untuk yang belum memilki kode akses sekolah harus mendaftar sebagai salah satu institusi dengan melampirkan hasil scan persetujuan dan tanda tangan untuk dilakukan verifikasi oleh Ditjen Belmawa Kemenristekdikti agar bisa mengeluarkan kode akses sekolah prosesnya biasanya 1 hari.
  4. Sekolah nantinya memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada siswa yang sudah direkomendasikan.

Demikianlah informasi yang mengenai beasiswa bidik misi semoga bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update seputar pendaftaran lainnya, disarankan bagi pemegang KIP untuk mendaftar karena sayang sekali apabila melewatkan kesempatan ini sebab, jaminan kuliah gratis akan diterima jika lulus 100 % melalui jalur bidik misi ini, selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel