Alur Pendaftaran SBMPTN Hingga Pengumuman Akhir

Alur Pendaftaran SBMPTN Hingga Pengumuman Akhir - Pernahkan anda mendengar tes SBMPTN, mungkin informasi mengenai tes perguruan tinggi negeri satu ini terdengar dari mulut ke mulut atau dari kakak kelas, informasi mengenai SBMPTN sejatinya tidak jauh berbeda dengan dari tahun ke tahun, namun perlu di garis bawahi ada beberapa pembaruan yang terjadi setiap tahun.

Salah satunya adalah sistem LTMPT yang menghasukan peserta memiliki nilai UTBK, agar bisa ikut tes SBMPTN sistem seperti ini tidak terjadi pada tahun sebelumnya dimana dulu mereka yang mendaftar SBMPTN langsung bisa ikut tes tanpa harus mengikuti tes UTBK namun sekarang sudah berbeda.



Mereka yang mau ikut mendaftar SBMPTN harus terlebih dahulu ikut UTBK, runtutan sistem tes SBMPTN memang jadi lebih panjang, namun dibalik sistem yang rumit sudah pasti akan memberikan keuntungan salah satunya adalah memberikan kesempatan maksimal dua kali tes, jika sudah mendaftar dan ikut tes maka peserta akan mendapatkan hasil 10 hari kedepan. 

Untuk kelompok tes juga terbagi menjadi dua Saintek untuk jurusan IPA dan Soshum untuk IPS, pelaksanaan tes UTBK akan berlangsung sebanyak dua gelombang, dengan persentase tes tes perhari sebanyak dua kali pagi dan siang sementara untuk hari sabtu dan minggu sebanyak 10 kali sesi. Kalian masih bingung kan untuk lokasi tesnya dimana.

Biasanya tes akan dilaksanakan sesuai dengan pilihan pada saat mendaftar nantinya dengan catatan terdapat kuota setiap lokasi tes, jadi pastikan kalian lebih dahulu mendaftar agar mendapatkan lokasi tes UTBK sesuai dengan yang diinginkan, jika tidak kalian juga bisa ikut UTBK dilain tempat, hal itu tidak akan berpengaruh apa-apa pada pilihan anda nantinya.

Sedikit saran kalian bisa mengikuti kedua-dua UTBK baik gelombang 1 dan gelombang 2 nantinya tinggal pilih nilai yang tertinggi untuk mendaftar SBMPTN,  Apabila sudah memahami segera mendaftar UTBK agar bisa memiliki nilai karena itu menjadi persyaratan wajib bisa ikut SBMPTN, sebagai pengingat bahwa pertimbangan kelulusan akan dilihat juga dari hasil UTBK jadi kalian harus mengerjakan dengan semaksimal mungkin agar hasil yang di dapat tinggi adapaun mekanisme pendaftaran UTBK seperti berikut :


Pendaftaran UTBK Sebelum Ikut SBMPTN.
  1. Silahkan kunjung situs resmi https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id/ untuk melakukan pendaftaran.
  2. Bagi peserta yang sudah memiliki akun tinggal login sementara untuk yang belum memiliki klik Silahkan Melakukan Pendaftaran akun LTMPT klik "Daftar Disini".
  3. Pasikan kalian memasukan NISN, NPSN, Tanggal lahir, dan email serta jangan lupa buat password akun anda. Setelah di sini silahkan kirim form, setelah itu periksa email dan kompirmasi jika tidak ada cari di folder spam. 
  4. Lakukan pendaftaran sesuai dengan petunjuk yang ada dan isi dengan benar.
  5. Peserta wajib membayar biaya UTBK besaran sesuai dengan ketetapan yang ada pada situs LTMPT.
  6. Ikuti proses tes sesuai dengan sesi dan jadwal yang sudah ditetapkan pada saat anda mendaftar.
Setelah sistem pendaftaran UTBK selesai kalian harus mengikuti rangkain tes yang sudah terjadwal setelah mendaftar baik lokasi yang anda pilih sampai dengan proses UTBK selesai, harus hadir dan ikuti sesuai dengan ketentuan panitia. 

Hasil tes utbk akan keluar 10 hari setelah tes dan bisa dilihat melalui situs https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id gunakan login akun anda, jika dirasa nilai yang didapat sudah puas dapat langsung digunakan untuk mendaftar SBMPTN, untuk yang belum puas bisa ikut tes UTBK gelombang kedua. Bagi peserta yang ingin mendaftar berikut informasi persyaratan yang harus dipenuhi simak selengkapnya dibawah ini :

Persyaratan
  1. SBMPTN memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang sudah lulus dua tahun lalu, dengan catatan sudah memiliki ijasah.
  2. Sedangkan siswa lulusan tahun ini harus memiliki surat keterangan lulus atau SKHU yang ditanda tangani oleh kepala sekolah dan di cap.
  3. Memiliki nilai UTBK.
  4. Sehat jasmani dan rohani sehingga jika nanti lulus tidak mengganggu pada saat lulus sesuai jurusan yang dipilih.
  5. Memiliki NISN.
  6. Untuk peserta yang memilih jurusan Olahraga dan Seni wajib mengisi portopolio, borang.
  7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta.
  8. Tidak lulus jalur SNMPTN tahun ini.
 Pendaftaran SBMPTN
  1. Mengakses situs pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Isi biodata untuk peserta yang sudah ikut SNMPTN tidak perlu mengisi.
  3. Memilih PTN dan Program Studi sampai batas maksimal.
  4. Bagi yang memilih jurusan Olahrga dan Seni harus mengisi borang petunjuk pengisian dapat di akses link download.sbmptn.ac.id.
  5. Pastikan semua terisi dengan benar dan kirim berkas.
  6. Jangan lupa untuk mencetak bukti pendaftaran dan Tinggal menggu hasil.

Pertimbangan kelulusan jika mengacu pada situs LTMPT dimana penetapannya menggunakan nilai UTBK saja satau ditambah dengan nilai lainnya untuk cek pengumuman silahkan ikuti petunjuk melalui situs resmi Pengumuman.SBMPTN.ac.id di dalam website tersebut biasanya akan ada link lain dari subdomain kampus untuk cek hasil silahkan dibuka yang bisa dibuka cukup memilih salah satu saja. Cara cek pengumuman SBMPTN :

  • Masukan nomor peserta anda kemudian isi juga tanggal lahir.
  • Cek hasil nantinya akan ada dua hasil keterangan yang berisi lulus atau tidak.
  • Namun kalian tidak boleh buru-buru memutuskan jika ternyata kalian tidak lulus karena bisa jadi pada saat cek pengumuman situs memang dalam keadaan error jadi untuk menyimpulkan apakah anda lulus atau tidak bisa di cek berilang kali dengan waktu yang berbeda.
  
Itulah beberapa rangkain pendaftaran SBMPTN, dapat disimpulkan bawah penerimaan SBMPTN sedikit mengalami perubahan jadi kalian harus benar-benar membaca dengan teliti apa saja yang harus dipersiapkan agar bisa ikut SBMPTN, bagi yang tidak ikut UTBK dipastikan tidak akan bisa mendaftar SBMPTN semoga informasi mengenai SBMPTN ini bisa bermanfaat untuk kita semua selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel