Prosedur Pendaftaran UM PTKIN Hingga Pengumuman

Prosedur Pendaftaran UM PTKIN Hingga Pengumuman - Tahukah kalian ternyata selain PTN ada juga perguruan tinggi keagamaan islam negeri dibawah kementerian agama jumlahnya hampir sama dengan PTN, jika kalian berminat untuk kuliah jurusan berbasis syariah PTKIN bisa menjadi solusi. Kita tentu bertanya-tanya apa bedanya dengan perguruan tinggi negeri, salah satu perbedaannya adalah jika sistem pengelolaan PTN dibawah Kemenristekdikti.

Sedangkan PTKIN dibawah Kementerian Agama, selain pengelolaan sistem pendidikan yang membedakan lain adalah jalur masuk, agar bisa mendaftar di salah satu perguruan tinggi keagamaan islam negeri peserta tidak bisa ikut jalur masuk PTN, meski pola penerimaan memiliki kesamaan namun keduannya berbeda.


Untuk jalur undangan melalui SPAN PTKIN sedangkan untuk jalur tertulis melalui UM PTKIN, nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai UM PTKIN, salah satu seleksi tertulis yang dibuka oleh kementerian agama untuk bisa masuk ke salah satu PTKIN, Jika kalian mengenal jalur SBMPTN pada PTN, nah jalur ini mirip dengan UM PTKIN.

Siapa yang bisa mendaftar UM PTKIN, apakah ada batas tahun kelulusan ? Batasan tahun kelulusan agar bisa mengikuti jalur masuk ini adalah tiga tahun terakhir terhitung dari tahun ini dan lulusan dua tahun yang lalu, nah bagi yang berminat kuliah silahkan langsung ikut, kalian memiliki kesempatan tiga tahun ya.

Setelah itu sangat disayangkan tidak bisa ikut, bagi yang berminat mengikuti seleksi penerimaan UM PTKIN, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dimana sistem penerimaan akan dilaksanakan secara tertulis dengan dua bentuk tes yaitu


PBT UM PTKIN

Sistem Paper Based Test (PBT) adalah ujian tertulis manual peserta harus menyiapkan pensil 2b untuk mengikuti tes dan dilaksanakan secara manual menggunakan LJK.


SSE UM PTKIN

Sistem Seleksi Elektronik dimana tes akan disajikan dalam bentuk elektronik, peserta akan mengerjakan soal berbantuan komputer, yang membedakan adalah kuota untuk SSE terbatas jadi bagi yang ingin ikut harus buru-buru daftar sebelum kehabisan kuota.


Untuk pemilihan jenis tes dapat dipilih pada saat mendaftar, pilih jenis tes yang paling di kuasai, jika tidak ingin ribet memang disarankan ikut SSE, namun pada intinya sama, hanya yang satu menggunakan manual yang satu tesnya menggunakan komputer. Selain dari sistem tes yang tersedia peserta juga harus memilih jurusan dalam satu rumpun.

Misalnya kalian ingin kuliah jurusan IPA maka mengambil kelompok IPA begitu juga sebaliknya jangan sampai salah pilih, namun apabila ingin memilih keduanya bisa ikut IPC, misal pilihan jurusan 1 adalah katagori IPA, dan Jurusan 2 berada di Jurusan IPS. Untuk jenis tes yang akan dilalui yaitu TKD, tes IPA, Tes IPS.

Sementara untuk jadwal pelaksanaan tes sudah tertera pada situs resmi https://www.um-ptkin.ac.id/home/informasi kalian bisa mengecek pada Jadwal disana sudah ditulis dengan jelas sesuai dengan jenis ujian yang kalian ikuti. Berikut kami berikan informasi mengenai proses pendaftaran seperti dibawah ini.


Pendaftaran UMPTKIN.
  1. Calon peserta UMPTKIN harus mengakses situs resmi https://www.um-ptkin.ac.id/.
  2. Isi biodata diri pada link https://www.um-ptkin.ac.id/registrasi klik Lanjut.
  3. Pastikan semua terisi dengan benar sampai selesai.
  4. Peserta yang ingin ikut tes UM PTKIN harus membayar uang pendaftaran sebesar 200 rb di bank BNI, BNI Syariah, Kantor Pos silahkan pilih salah satunya.
  5. Dari hasil pembayaran Bank peserta akan mendapatkan bukti pembayaran, silahkan disimpan.
  6. Peserta kemudian kembali lanjut login melalui link https://www.um-ptkin.ac.id/login gunakan SIP dan PIN dari bukti pembayaran untuk melakukan login.
  7. Pada tahap ini peserta akan mengisi kelompok ujian, prodi, lokasi tes, dan jenis tes yang dipilih, jika semua biodata sudah diisi silahkan kirim.
  8. Terakhir adalah cetak bukti pendaftaran jika proses pendaftaran sudah selesai.
Sampai dengan proses ini pendaftaran sudah selesai tinggal mengikuti tes Ujian SSE atau PBT sesuai dengan kartu pendaftaran, cukup mudah bukan, bagi yang ingin mencoba peruntungan silahkan ikut ya, jangan sampai ketinggalan karena UMPTKIN hanya dibuka satu tahun sekali, dan kesempatan anda ikut tes UMPTKIN seumur hidup hanya tiga kali.

Jika tahun ini belum beruntung lulus jangan berkecil hati masih ada tahun depan, Setelah proses seleksi berlangsung peserta yang sudah ikut tes bisa mengecek hasil kelulusan dalam beberapa minggu pasca tes, beberapa cara cek pengumuman dapat dilakukan seperti berikut ini :


Pengumuman UM PTKIN
  1. Buka situs pengumuman.um-ptkin.ac.id atau um-ptkin.ac.id.
  2. Silahkan isi nomor pendaftaran silahkan klik Lihat Hasil.
  3. Jika lulus akan ada keterangan bahwa kalian lulus.

Itulah beberapa rangkain cara sederhana mendaftar UM PTKIN semoga bisa bermanfaat, peserta yang mendaftar bisa memilih perguruan tinggi keagamaan islam negeri ternama di Indonesai mulai UIN, IAIN, STAIN terbaik yang ada di indonesia.  Semoga bermanfaat jangan lupa untuk berdoa agar bisa diberikan kelancaran dari mulai pendaftaran hingga pengumuman akhir UMPTKIN.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel